1.377 Personel TNI-Polri Siap Amankan Gelaran PON Papua di Mimika

Baca Juga

MATA INDONESIA, MIMIKA – Sebanyak 1.377 personel gabungan TNI-Polri siap untuk mengamankan perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Klaster Mimika.

Menurut Kasubag Ops Polres Mimika AKP Ahmad Dahlan, jumlah personel dari Polres Mimika sekitar 977 personel. Kemudian, TNI dari Kodim Mimika menerjunkan sekitar 400 personel.

“Semuanya disebar di berbagai titik startegis yang memiliki kerawanan cukup tinggi,” ujarnya, Rabu 29 September 2021.

Pengamanan tersebut akan disebar ke venue olahraga yang menyelenggarakan gelaran PON Papua klaster Mimika. Para anggota Polres akan bersiaga selama 24 jam demi memastikan kelancaran pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Kemudian, ada sembilan titik rawan yang tersebar dari Polres Mimika. Tempat-tempat itu antara lain di pos Mal Diana, pos Gorong-Gorong, pos Nawaripi, Timika Mal hingga pos Irigasi.

Menurut Ahmad, strategi pengamanan yang dilakukan oleh Polres Mimika berlandaskan kajian yang dilakukan secara mendalam dengan mempertimbangkan berbagai indikator penyebab tindakan kejahatan. Maka, pelaksanaan pengamanan yang dilakukan dapat diatur secara proporsional sesuai dengan jumlah anggota.

“Sudah kita petakan sesuai dengan kondisi di lapangan,” katanya.

Setiap penanganan yang dilakukan, akan memegang teguh instruksi Kapolri yakni senyum, sapa, dan salam. Ketiga hal ini akan dipegang teguh oleh setiap anggota Polri yang bertugas menjaga setiap titik-titik yang rawan akan kejahatan dalam beberapa waktu ke depan.

Lalu, pihaknya juga mengerahkan, anggota Polres yang menggunakan pakaian bebas yang bertugas khusus pengamanan dalam lokasi pertandingan. Agar, dapat membuat kesan dekat dengan masyarakat yang berada di sekitar.

Ia juga mengimbau agar setiap masyarakat jangan ragu melaporkan berbagai keluhan terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Masyarakat dapat menghubung telpon pelayanan polisi di nomor 110.

Pihaknya, akan segera menindak lanjuti, dengan cara menerjunkan personil langsung ke lokasi terjadinya keluhan masyarakat tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini