Begini Ciri Orang yang Layak Disebut ‘Habib’

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Mungkin belakangan ini kita dibingungkan dengan banyaknya sebutan ‘Habib.’ Hal itu ternyata juga membingungkan pakar hukum tata negara Mahfud MD sehingga dia menanyakan kepada Quraish Shihab yang disebut-sebut layak menyandang gelar ‘Habib.’

Menurut putri mendiang Gus Dur Alissa Wahid yang ikut dalam diskusi soal Habib itu, Quraish Shihab menjawab, “lihat pengamalannya, lihat ilmunya. Sesuai dg tuntunan agama atau tidak. Jadi bukan soal habib atau bukan habib.”

Pada diskusi yang diselenggarakan Gerakan Suluh Kebangsaan itu, Quraish Shihab mengungkapkan warisan para habib terdahulu.

“Salah satu warisan para Habib Alawiyyin terdahulu adalah meletakkan pedang, yaitu jauh dari kekerasan,” begitu pernyataan Quraish Shihab yang diunggah Alissa di akun twitternya, Kamis 11 Juli 2019.

Menurut Alissa, dalam pandangan Quraish Shihab dan Haidar Bagir, ‘Habib’ berasal dari kata ‘mahabbah’ (cinta).

Jadi dalam pandangan mereka kalau seseorang tidak dicintai dan mencintai sekaligus bukanlah seorang habib.

Keduanya menegaskan jika seseorang tidak membawa cinta dalam kesehariannya, tidak layak disebut habib.

Itu seperti di era Alawiyyin. Tidak semua orang dengan gampang disebut habib seperti sekarang.

Alissa menegaskan diskusi Rabu 10 Juli 2019 malam itu adalah antara Gerakan Suluh Kebangsaan dengan para Habib pengelola Majelis Hikmah Alawiyah (Mahya).

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini