Wajib Tahu! Ini Jenis Enzim dan Manfaatnya untuk Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Makanan dapat diserap atau tidak tergantung dari sistem kerja enzim. Perannya sangat baik dalam proses pencernaan yang kemudian disalurkan ke aliran darah melalui berbagai enzim.

Sebelum makanan yang dimakan manusia tersebar di dalam tubuh, terdapat enzim yang berfungsi memecah nutrisi dari makanan tersebut sekaligus memilah makanan yang dapat diserap atau tidak bisa diserap untuk tubuh.

Enzim berperan untuk mencerna makanan yang kemudian akan disalurkan ke dalam darah untuk membantu fungsi sel-sel tubuh.

Berikut berbagai enzim di dalam tubuh serta manfaatnya.

1. Amilase

Enzim amilase betugas sebagai pemecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa. Enzim ini terdapat di kelenjar ludah, pankreas, dan usus halus.

Sebelum ditelan, makanan yang mengandung karbohidrat akan dicerna oleh enzim amilase. Kemudian, dicerna lagi oleh pankreas hingga sampai pada usus halus. Di usus halus, hasil karbohidrat yang dicerna akan berubah menjadi gula yang nantinya akan masuk ke aliran darah melalui dinding usus halus.

2. Protease

Manusia membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktifitas setiap harinya. Energi tersebut didapatkan dari hasil enzim protease yang memecah protein menjadi asam amino. Asam amino ini lah yang merupakan energi untuk manusia.

Enzim protease terdapat di lambung, pankreas, dan usus halus. Enzim protease juga memiliki jenis enzim lain, seperti Pepsin dan Tripsin yang memiliki fungsi utama dalam memecah protein menjadi asam amino. Serta Kimotripsin yang berfungsi memutuskan rantai peptide dan menjadikannya asam amino bebas.

3. Lipase

Enzim lipase memiliki fungsi memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Tak hanya di pankreas dan lambung, enzim lipase juga terdapat di ASI yang berfungsi untuk membantu bayi dalam mencerna molekul lemak saat menyusu.

4. Maltase

Enzim maltase berfungsi mengubah zat maltosa menjadi gula (glukosa) dan menyimpannya sebagai cadangan makanan dalam bentuk glikogen. Zat maltosa dapat ditemui pada tumbuhan dan biji-bijian. Enzim ini tedapat di usus halus.

5. Laktase

Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami intoleransi laktosa akan mengalami diare, kembung, dan sering buang angin. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi enzim laktase tambahan saat mengonsumsi susu.

Itu dikarenakan tubuh tidak dapat mencerna laktosa. Peran enzim laktase untuk mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa agar bisa diserap oleh tubuh.

6. Sukrase

Jenis Enzim sukrase berfungsi memecah sukrosa menjadi gula yang lebih sederhana, seperti fruktosa dan glukosa yang kemudian diproduksi oleh usus halus. Gula sukrosa dapat ditemukan pada tanaman tebu dan madu

Reporter : Rama Kresna Pryawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini