Icip-icip Kuliner Pasundan yang Bikin Lidah Bergoyang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Jawa Barat memiliki kuliner yang lezat dan sangat beragam. Setiap hidangan yang disajikan memiliki keunikan sehingga membuat penikmatnya bakal ketagihan dan kembali lagi untuk datang kembali untuk makan.

Makanan khas Sunda biasanya memiliki citarasa yang ringan, sederhana, dan jelas; berkisar antara gurih asin, asam segar, manis ringan, dan pedas.

Nah, berikut kuliner tanah pasundan yang membuat lidah bergoyang dan ingin kembali untuk mencicipinya.

1. Nasi Timbel

Nasi timbel mirip dengan nasi biasa, tetapi yang membedakannya yaitu nasi ini dibungkus dengan daun pisang. Nasi timbel memiliki tekstur yang pulen, yaitu tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras.

Untuk pelengkap nasi timbel biasanya disajikan dengan ayam goreng, ayam bakar, atau jambal roti. Selain itu, banyak pilihan sambel yang bisa Anda pilih untuk menambah citarasa hidangan ini.

2. Nasi Liwet

Nasi liwet memiliki penyajian yang unik, yaitu menggunakan panci khusus liwet atau kastrol. Nasi liwet juga menggunakan bumbu dan rempah yang khas seperti daun salam, potongan cabai, irisan bawang dan serai membuat hidangan ini sangat harum nan lezat. Hidangan ini akan lebih nikmat apabila dimakan selagi hangat dengan teri medan.

3. Empal Gepuk

Empal Gepuk adalah makanan khas sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi dan memiliki citarasa sedikit manis dan gurih. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yangdiiris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian di pukul-pukul hingga empuk.

4. Mi Kocok

Hidangan ini adalah hidangan mi kuning dengan citarasa kaldu sapi, irisan kikil (kaki sapi), toge, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, serta bawang goreng.

Hal yang paling unik dari mie kocok adalah cara pembuatannya yaitu mie dikocok-kocok dalam wadah logam bolong-bolong bergagang, sambil mencelupkannya ke dalam air panas. Mi kocok cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin, karena dapat menghangatkan tubuh.

5. Karedok

Makanan yang satu ini terbuat dari berbagai macam sayuran seperti mentimun, tauge, kembang kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Karedok biasanya disiram dengan bumbu kacang untuk menambah cita rasa.

6. Batagor

Batagor merupakan makanan khas Sunda yang cukup terkenal di berbagai daerah. Batagor sendiri singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Bahan utamanya mirip siomay, yaitu adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka yang digoreng. Batagor biasanya dilengkapi dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini