Viral! Video Bayi Lakukan Tradisi ‘Digebrak’, Netizen: Duh Kepalanya Kasian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada yang pernah mendengar tradisi ‘digebrak’ untuk bayi yang baru lahir. Tradisi ini diklaim agar si bayi nantinya tidak gampang kagetan alias terkejut.

Baru-baru ini sebuah video yang memperlihatkan bayi sedang melakukan tradisi tersebut viral di media sosial. Namun, prosesnya tampak berbeda dari yang kebanyakan orang tahu.

Biasanya bayi yang sedang tertidur akan tiba-tiba dikagetkan. Caranya dengan menggebrak kasur atau meja tempat si bayi dibaringkan. Suara keras yang dikeluarkan diyakini bisa melatih jantung si bayi.

Sementara itu, video yang beredar di media sosial ini memperlihatkan tindakan yang dinilai dapat membuat si bayi kesakitan. Video ini pun mendapat protes dari warganet.

Dilihat dari postingan akun Instagram @makassar_iinfo, terlihat seorang bayi yang dibedong dan seorang wanita paruh baya yang mengangkat bayi itu. Dalam captionnya akun tersebut menuliskan, “Tradisi yang sampai sekarang masih dilakukan, orang tua dulu percaya agar bayinya tidak mudah kaget.”

Bayi tersebut lantas diletakkan di atas tampah atau nampan bambu. Di atasnya terdapat bunga tabur, irisan pandan, dan uang koin.

Awalnya, wanita paruh baya itu tampak menggebrak kasur tempat si bayi diletakkan. Beberapa detik kemudian ia lantas mengangkat tampah tersebut dan memutar-mutar tubuh bayi beberapa kali.

Yang menjadi perhatian adalah tubuh bayi tersebut ikut terpental dan terguncang. Topi yang dikanakannya pun sempat terlepas karena kerasnya hentakan yang dibuat oleh wanita paruh baya itu.

Video yang awalnya dibagikan oleh seorang pengguna TikTok itu pun viral. Para warganet lantas menuliskan beragam komentar. Tak sedikit dari mereka menyebut apa yang dilakukan oleh wanita paruh baya itu dapat membahayakan si bayi.

“Kaget itu respon yg normal bukk??,” komentar @miftah*****nahmuhsin.

“Duhh palanya adek kesian ?,” kata @sucihi*****i96.

“Malah syg yg kaget lihat ???,” tulis @mom*****ral.

“jaman dlu sm jaman skrg beda mending percaya kata dokter dibanding para petua kampung emg si tradisi tp alangka baiknya serahkan semua ke dokter atau nakes. klo kaya gini kan kasian pala bayinyaaa nengg,” kata c*****ws.

“Bukan adeknya ikut di banting salah banget…memang ad kaya gtu tapi anaknya di taruh di meja yang di lakukan meja nya di pukul sekeras mngkin mejanya itu aja …bukan bayi yg di gituin kasian amat semua masih lentur ???,” komentar hananhuwel_*****yali87.

Lihat videonya di sini!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini