Pemasok Senjata KST Papua Ditangkap, Transaksinya Mencapai Rp 1,3 Miliar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sosok yang diduga memasok senjata api (senpi) untuk Kelompok Separatis dan Teroris Papua (KSTP) berhasil ditangkap Satgas Nemangkawi. Pelaku diketahui bernama Ratius Murib alias Neson Murib.

“Yang bersangkutan diduga jaringan penjual senpi dan amunisi ke KSTP di Puncak Jaya,” ujar Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudusy dalam keterangannya, Selasa 15 Juni 2021.

Iqbal mengatakan, Neson Murib diketahui melakukan sejumlah transaksi mencapai miliaran Rupiah atas penjualan dan pembelian senpi beserta amunisinya.

“Total yang dikirim dan diterima Rp 1.393.100.000,” katanya.

Pelaku ditangkap saat sedang transit di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Dia bermaksud menuju Kabupaten Timika.

Iqbal juga menjelaskan bahwa dari hasil penangkapan tersebut pihaknya menyita Rp 370 juta dari tangan pelaku. Diduga uang tersebut akan digunakan untuk membeli senpi. Aparat kini masih melakukan pendalaman terhadap jaringan penjual senpi dan amunisi untuk KKB Papua tersebut.

“Tim masih akan terus menggali informasi sumber dana serta aktivitas pengiriman uang untuk membeli senjata dan amunisi,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini