102 Hektare Terbakar, Karhutla di Jambi Kian Parah

Baca Juga

MINEWS, JAMBI – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi makin hari semakin buruk. BPBD Jambi menyebut saat ini sudah lebih 102 hektare lahan terbakar.

Kepala BPBD Jambi Bachyudin Deliansyah menjelaskan, lahan terbakar itu merupakan kawasan hutan gambut, lahan mineral dan Areal Penggunaan Lain (AOL).

“Api perlahan dapat kita padamkan melalui operasi darat dari masing-masing kabupaten,” kata Bachyudin, Sabtu 27 Juli 2019.

Lahan-lahan yang terbakar itu di antaranya berada di Kabupaten Muaro Jambi dengan luas 5,5 hektare. Lalu di Kabupaten Batanghari Jambi dan kawasan APL, lahan yang terbakar mencapai 17,4 hektare.

Kemudian Kabupaten Tanjung Jabung Barat ada 2 hektare kawasan hutan yang terbakar, di Kabupaten Tanjung Jabung Timur 4,48 hektare lahan APL yang terbakar, Kabupaten Sarolangun 15,8 hektare APL yang terbakar, di Kabupaten Tebo ada 3 hektare kawasan hutan yang terbakar dengan 8 hektare kawasan APL, di Kabupaten Merangin 2 hektare kawasan hutan yang terbakar selebihnya 20 hektare kawasan APL. Serta di Kabupaten Bungo, ada 21 hektare kawasan hutan terbakar lalu selanjutnya 2 hektare kawasan APL.

Melalui pantauan titik panas (hotspot) sejak Januari-Juli 2019, tercatat ada sebanyak 129 hotspot di Jambi yang terdapat di Kabupaten Muaro Jambi 4 titik, Kabupaten Batanghari 4 titik, Kabupaten Tanjabbar 35 titik, Kabupaten Tanjabtim 15 titik, Kabupaten Tebo 14 titik, Kabupaten Sarolangun 23 titik, Kabupaten Merangin 19 titik, Kabupaten Bungo 12 titik, Kabupaten Kerinci 3 titik, dan Kota Sungai Penuh 3 titik. Sementara di Kota Jambi nihil hotspot.

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini