Ragam Menu Lebaran Idul Adha Khas Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Umat muslim di seluruh dunia tengah merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021. Menu Idul Adha sederhana bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menyajikan masakan praktis.

Makanan khas Idul Adha dapat diolah dari daging sapi atau kambing hingga menjadi hidangan yang menyemarakkan Lebaran Haji. Berikut makanan khas Idul Adha. (Mutiara Putri Kinasih)

  1. Semur Kata “semur” diserap dari bahasa Belanda “smoor”, yang artinya masakan yang direbus dengan tomat dan bawang. Semur kini menjadi makanan yang sering disajikan di berbagai acara, termasuk Hari Raya Idul Adha.
  2. Sop daging. Menu Idul Adha sederhana yang mudah dimasak apalagi kalau bukan sop daging. Sop daging juga aman dikonsumsi karena kuahnya tidak menggunakan santan.
  3. Rendang. Sajian Idul Adha selalu identik dengan rendang, baik dengan daging sapi maupun daging kambing.Masakan ini, proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama, minimal 8 jam.
  4. Tongseng. Tongseng juga termasuk salah satu makanan khas Idul Adha favorit banyak orang. Tongseng biasanya menggunakan daging kambing yang dicampur dengan kuah gulai, kecap, dan kubis.
  5. Gulai. Menu Idul Adha yang tak kalah lezat yaitu gulai kambing dengan kuah yang kuning dan kental. Selain gulai kambing, ada pula gulai sapi dan gulai jeroan yang menggoyang lidah.
  6. Sate Kambing. Sate kambing juga menjadi masakan yang paling banyak diolah saat merayakan hari raya Idul Adha. Pembuatannya yang mudah menjadi alasan bagi banyak orang mengapa masakan ini banyak diminati saat Idul Adha.

Berikut tampilan ragam menu lebaran idul adha khas Indonesia :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini