Kong Hu Cu Sang Nabi dengan Sederet Penghargaan dari Berbagai Kaisar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kong Hu Cu adalah salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia. Ia boleh hidup ribuan tahun lalu, namun ajarannya masih abadi hingga kini.

Sepanjang hidupnya, Kong Hu Cu pernah mendapat sederet penghargaan dari berbagai raja maupun kaisar. Dan para bangsawan.

Berikut daftar penghargaan dalam untuk Kong Hu Cu yang tercatat dalam sejarah:

  1. Raja Lu Ai Gong memberinya gelar Ni Fu yang berarti Bapak Yang Mulia Ni.
  2. Kaisar Dinasti Han, Han Ping Di memberinya gelar Cheng Xuan Ni Gong yang bermakna Pangeran Ni Yang Sempurna dan Cerah Batin.
  3. Gelar Cheng Xuan Ni Gong diubah pada tahun 492 menjadi Wen Sheng Ni Fu yang bermakna Yang Mulia Bapak Ni Nabi Yang Menyeluruh Sempurna.
  4. Kaisar Shun Zhi, kaisar pertama Dinasti Man-Chu pada tahun 1645 mengubah gelar tersebut menjadi Da Cheng Zhi Sheng, Wen Xuan Xian Shi Kong Zi yang bermakna Kongzi Guru Purba Yang Cerah Menyeluruh, Nabi Agung Yang Besar Sempurna. Tetapi 12 tahun kemudian gelar itu disingkat menjadi Zhi Sheng Xian Shi Kong Zi yang bermakna Kongzi Guru Purba Nabi Agung.
  5. Gelar untuk Khong Hu Cu yang tersurat di dalam Kitab Shi Shu antara lain adalah Tian Zhi Mu Duo yang bermakna Genta Rohani Tuhan; Zhi Cheng yang bermakna Yang Sempurna Iman; Zhi Sheng yang bermakna Nabi Agung dan Ji Da Cheng yang bermakna Nabi Yang Lengkap Besar dan Sempurna.
  6. Di dalam Kitab Mengzi 5B:1/5 disuratkan:”Bo Yi, ialah Nabi Kesucian; Yi Yin ialah Nabi Kewajiban; Liu Xia Hui ialah Nabi Keharmonisan; dan Kongzi ialah Nabi Segala Masa. Maka Nabi Kongzi/Kong Hu Cu dinamai yang lengkap, besar dan sempurna. Yang dimaksud dengan lengkap, besar dan sempurna ialah seperti suara musik yang lengkap dengan lonceng dari logam dan lonceng dari batu kumal. Suara lonceng dari logam sebagai pembuka lagu yang memadukan keharmonisan menunjukkan kebijaksanaannya dan sebagai penutup lagu menunjukkan paripurnanya karya kenabiannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Soal Wacana Hak Angket Bongkar Dugaan Kecurangan Pemilu 2024, Pakar Politik: Itu Tantangan Besar!

Mata Indonesia, Sleman - Usulan terkini untuk DPR mempertimbangkan hak angket guna menyelidiki potensi kecurangan dalam Pemilu 2024 semakin mendapatkan dukungan. Arya Budi, Pakar Politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), menyatakan bahwa rencana tersebut memiliki kemungkinan untuk direalisasikan dalam teori.
- Advertisement -

Baca berita yang ini