Yuk, Coba Meditasi ‘Mindfulness’ agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meditasi dengan metode mindfulness dinilai bisa mengurangi stres dan depresi. Mengutip dari MayoClinic, mindfulness sering disebut sebagai meditasi kesadaran. Berbeda dengan meditas pada umumnya yang berlatih mengosongkan pikiran. Meditasi mindfulness dinilai ampuh untuk meningkatkan fokus dan mengurangi kelelahan bekerja.

Ada beberapa aktivitas meditasi mindfulness atau kesadaran penuh yang bisa dilakukan. Pertama, dengan melakukan permainan sebut nama. Permainan ini mudah dilakukan namun ampuh untuk menekan emosi negatif pikiran yang tertekan.

Terapis dan Instruktur Yoga Magadelene Martinez mengatakan bahwa permainan ini bisa membantu meningkatkan kesadaran dan mengenal kehidupan.

“Dengan melakukan ini, Anda bisa membumi dan meningkatkan kesadaran akan tubuh dan lingkungan Anda,” kata Martinez.

Kedua, yaitu dengan mengumpulkan niat jika ingin melakukan sesuatu. Caranya, dengan menjernihkan pikiran sebelum memulai bekerja. Caranya bisa dengan membaca buku yang disukai atau mendengarkan musik.

Ketiga, yaitu dengan melatih pernapasan untuk membentuk ruang dalam pikiran. Mengingat, jika mulai merasa cemas atau gelisah, kemungkinan pernapasan bisa menjadi pendek. Maka, latihan pernapasan ini dinilai bisa menghilangkan stres dalam waktu singkat.

Keempat, yaitu dengan melatih introspeksi diri. Hal ini bisa dilakukan dengan mengamati kondisi mental sambil berdiam diri. Bila aktivitas ini dilakukan dengan tepat maka bisa meningkatkan percaya diri.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini