Nggak Perlu Takut Kolesterol Naik, Ini 5 Tips Makan Enak dan Sehat Saat Idul Adha

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perayaan Idul Adha tak lepas dari hidangan makanan olahan daging, santan dan makanan lezat berlemak lainnya. Lalu, bagaimana dengan penderita kolesterol yang takut kolesterolnya naik saat Hari Raya Idul Adha?

Bagi kamu dengan riwayat kolesterol tinggi dan penyakit lainnya, tentu harus membatasi pola asupan olahan daging. Selain memicu kolesterol, kandungan lemak jenuh dalam masakan berbahan daging juga dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan dari ambang normal.

Agar bebas dari gangguan kolesterol dan tetap makan enak saat Idul Adha, mari ikuti 5 tips berikut ini.

1. Pilih Daging yang Berkualitas

Sebelum mengolah makanan berbahan daging, sebaiknya pastikan dulu jenis daging yang dipilih, hindari daging yang terlalu berlemak. Buang bagian serat putih atau gajih pada daging saat dibersihkan.

Disarankan pula pilih bagian yang bebas lemak, yakni area sekitar paha atas sapi. Karena kandungan lemak di bagian ini benar-benar sedikit jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

2. Mengolah Daging dengan Mempertahankan Gizinya

Supaya bisa makan enak dan sehat saat Idul Adha, ada beberapa teknik mengolah daging yang dapat mempertahankan gizi di dalam daging tersebut, yaitu dengan direbus, panggang, bakar, atau dihaluskan.

Teknik olahan daging tersebut bisa kamu lakukan dengan ditambahkan rempah-rempah mengandung antioksidan yang dapat mencegah naiknya kolesterol.

3. Makan Tidak Berlebihan

Saat hari raya disarankan untuk mengonsumsi daging dalam porsi kecil, tidak perlu berlebihan. Karena jika mengonsumsi dalam porsi yang besar juga dapat mengakibatkan perut menjadi nyeri karena esophageal sphincter akan terasa penuh sehingga akan membuat makanan kembali ke perut bagian atas.

4. Imbangi dengan Makanan Sehat

Daging yang kaya lemak dan protein harus diseimbangkan dengan menu pendamping yang sehat. Tambahkan beberapa menu seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, umbi-umbian, atau buah-buahan.

Asupan kaya serat untuk penyeimbang, akan mengoptimalkan penyerapan protein dan zat gizi lain dari daging. Selain itu, serat akan mengeluarkan lemak dari dalam tubuh dengan cepat.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih berfungsi untuk mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan, sehingga tidak terjadi sembelit serta melancarkan buang air besar. Selain itu masih banyak manfaat lainya jika tubuh cukup cairan.

Nah, itu dia tips makan enak dan sehat saat Idul Adha tanpa takut kolesterol naik. Tetaplah jaga pola makan seimbang dan jangan sampai mengorbankan kesehatan hanya nafsu makan yang tak bisa dikontrol, ya.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini