Jangan Malu Bila Tak Ingin Kehilangan Gairah Seks

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seks masih dianggap sebagai hal yang tabu di berbagai belahan dunia dan seringkali berkonotasi negatif. Bagi banyak orang, seks adalah dan harus menjadi tindakan prokreasi, daripada menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Untuk diketahui, prokreasi adalah hubungan seksual yang bertujuan menghasilkan keturunan, sebagai generasi penerus, bukan untuk kesenangan, kenikmatan, atau kepuasan seksual.

Karena gagasan yang tersebar luas seputar aktivitas fisik alami, banyak rasa malu membayangi. Pikiran, perasaan, dan pola perilaku umum yang terkait dengan rasa malu seksual perlu ditangani.

Di bawah ini disebutkan enam tanda rasa malu seksual dan cara mengatasinya, seperti dilansir Times of India.

 Ketidakamanan dengan diri sendiri

Menurut para ahli, rasa malu seksual sering bermanifestasi sebagai pemutusan hubungan dengan diri sendiri. Menurut penelitian, sebagian perempuan merasa tidak nyaman dengan penampilan alat kelamin mereka –mungkin mengalami penilaian diri yang intens, setelah berhubungan seks.

Disfungsi dan ketidakpuasan seksual

Ketika rasa malu hadir, energi seksual tidak dapat mengalir dengan baik untuk menghasilkan gairah, kegembiraan, atau orgasme. Selain itu, rasa malu dapat mempersulit komunikasi dengan pasangan, yang pada gilirannya dapat membuat seks menjadi kurang menyenangkan.

Masalah dengan keintiman dan hubungan

Rasa malu seringkali dapat membuat Anda membentuk tembok dan batasan yang mungkin membuat hubungan terasa kurang aman dan intim. Banyak orang menghindari berkencan selama bertahun-tahun karena mereka takut apa yang akan terjadi jika mereka cukup dekat dengan seseorang untuk menjadi intim secara seksual.

Tidak nyaman berbicara tentang seks

Beberapa orang merasa gugup, atau malu, ketika membahas seputar masalah seks. Padahal topik ini tidak perlu Anda hindari, meski belum menikah. Sebab, banyak pasangan yang setelah menikah kecwa pada hubungan seksual mereka karena tidak sesuai dengan ekspektasi. Hal ini kerap memicu perselisihan di dalam rumah tangga dan tak jarang menyebabkan terjadinya perceraian.

Memandang seks sebagai hal buruk atau sesuatu yang tidak boleh dilakukan

Beberapa orang mengalami perasaan penyesalan dan malu yang mendalam segera setelah melakukan hubungan seksual. Bahkan banyak yang malu untuk melakukan masturbasi. Ingat, Anda harus mengubah pola pikir tersebut.

Bagaimana cara menghilangkan rasa malu seksual?

Menurut para ahli, langkah pertama untuk menghilangkan rasa malu seksual adalah dengan menjauhkan diri Anda dari sumbernya, baik itu sumber teman, orang tua, kerabat, atau media. Bersamaan dengan ini, terapi, perawatan diri sensual, dan buku diyakini dapat mengatasi masalah ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini