Insomnia? Berikut Makanan yang Dapat Memperbaiki Pola Tidur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sulit tidur di malam hari dapat mengakibatkan siklus tidur Anda menjadi kacau. Ya, kurang tidur adalah masalah umum yang dihadapi sejumlah orang di dunia.

Stres, kebersihan tidur yang buruk, dan pilihan gaya hidup biasanya menjadi alasan di balik sulitnya tidur di waktu malam alias insomnia. Mendapatkan siklus tidur kembali ke jalurnya adalah tugas yang membosankan untuk dilakukan, bahkan tak sedikit orang yang menggunakan obat tidur.

Meminum pil untuk tidur bukanlah ide terbaik, karena memiliki sejumlah efek samping. Jika Anda menderita insomnia, berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum tidur untuk memperbaiki pola tidur Anda, seperti dilansir Times of India.

Biji poppy mil

Minuman biji poppy sangat efektif untuk orang yang sulit tidur di malam hari. Minuman ini dibuat dengan biji poppy dan susu hangat, kombinasi sempurna untuk orang yang kurang tidur.

Susu hangat sebelum tidur dikatakan baik untuk usus Anda dan biji poppy memiliki efek menenangkan pada tubuh Anda. Minuman ini membantu menurunkan tingkat stres dan membuat tidur nyenyak. Minum saja 30-40 menit sebelum tidur secara teratur dan lihat perbedaannya.

Teh chamomile

Teh chamomile telah mendapatkan popularitas sebagai minuman sebelum tidur dan untuk semua alasan yang tepat. Ini menenangkan kecemasan Anda dan membantu tidur lebih nyenyak.

Teh chamomile mengandung apigenin, sejenis antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak Anda yang dapat menyebabkan kantuk. Hindari minum teh hijau atau teh susu sebelum tidur dan beralihlah ke teh herbal ini.

Sereal

Sereal mungkin menjadi pilihan favorit Anda untuk sarapan, tetapi mengonsumsinya di malam hari dapat meningkatkan pola tidur Anda secara signifikan. Anda dapat mengonsumsi sereal dalam susu hangat untuk makan malam, setidaknya 1-2 jam sebelum tidur. Ini adalah makanan kaya karbohidrat kompleks yang membantu melepaskan triptofan dalam aliran darah, yang selanjutnya menginduksi tidur.

Almond

Selain sebagai sumber magnesium yang baik yang merupakan pelemas otot, almond merupakan sumber hormon melatonin. Untuk diketahui, melatonin mengatur jam tubuh Anda dan memberi sinyal pada tubuh Anda untuk bersiap tidur yang dapat membantu meningkatkan siklus tidur Anda. Almond juga mengandung triptofan yang merupakan penginduksi tidur alami.

Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber potasium, magnesium, dan kalsium yang luar biasa. Nutrisi penting ini membantu Anda untuk rileks yang dapat menyebabkan kantuk. Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu mengatasi insomnia. Anda dapat menikmati ubi jalar untuk makan malam dengan memanggang, mengukus, dan dengan membuat sejumlah resep lezat lainnya.

Pisang

Sama seperti ubi jalar, pisang juga mengandung potasium dan magnesium yang berfungsi sebagai relaksan otot. Itu sebabnya sering dikatakan makanlah pisang setiap kali Anda stres atau cemas. Vitamin B6 dalam pisang meningkatkan kadar melatonin tubuh Anda yang selanjutnya membantu mendorong tidur. Buah ini merupakan sumber karbohidrat yang baik yang juga dikatakan baik untuk tidur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini