5 Keuntungan Memiliki Smartphone dengan RAM Besar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone dalam aktivitas sehari-hari. Dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak fitur-fitur yang dulu dipandangan “mustahil” untuk ada dapat ditemukan. Seperti melakukan panggilan video jarak jauh, bermain game dengan teman yang berbeda kota, dan hal lainnya. Segala aktivitas tersebut tidak terlepas dari dukungan fitur yang ada pada gadget tersebut.

Tak sedikit pengguna smartphone masih belum mengetahui fitur-fitur atau spesifikasi dari yang mereka miliki. Salah satunya, yakni RAM. Padahal, fungsi RAM pada smartphone terbilang sangat penting bagi sebuah perangkat serta aplikasi beroperasi. Besar kecilnya suatu RAM tentu akan mempengaruhi kinerja prosesor dari smartphone tersebut. Semakin besar RAM yang dimiliki maka semakin baik pula performa dari smartphone  tersebut.

Fungsi utama RAM sendiri adalah sebagai tempat penyimpan “sementara” berbagai file sistem atau aplikasi yang sedang dipakai oleh sistem perangkat. Perangkat secara otomatis akan menjalankan, membaca, atau meluncurkan suatu aplikasi dengan cepat. Semakin besar RAM yang dimiliki oleh perangkat, semakin banyak pula aplikasi yang dapat disimpan dengan akses cepat sehingga membuat perangkat dapat bekerja lebih cepat secara keseluruhan.

RAM dalam Smartphone
RAM dalam Smartphone

Memilih smartphone dengan RAM 6 GB keatas mungkin bisa menjadi salah satu pilihan Anda ketika hendak membeli. Walaupun jika Anda perhatikan, smartphone dengan RAM 4 GB pun sebenarnya sudah terbilang cukup mumpuni dalam menjalankan aplikasi-aplikasi masa kini. Namun, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, akan terus bermunculan aplikasi-aplikasi baru yang semakin membutuhkan resource memory yang besar. Salah satu yang memiliki RAM berkapasitas besar yakni Vivo Y51, hadir dengan RAM 8GB LPDDR4x Double Channel serta penyimpanan internal sebesar 128 GB UFS 2.1. Tidak hanya itu, smartphone ini memiliki lensa beresolusi 48 MP dengan desain body yang tipis. Dengan harga sekitar Rp 2 jutaan di e-commerce Blibli, smartphone ini sudah bisa menemani Anda dalam beraktivitas sehari-hari.

Jika Anda masih bingung dengan keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan jika memiliki smartphone dengan RAM besar? Yuk, simak penjelasan di bawah!

Lancar Ria dalam Bermultitasking

Anda merupakan pengguna aktif? Tentunya sudah tidak asing lagi ya dengan kata “multitasking”. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi tersebut tentu akan membebani smartphone terlebih yang memiliki RAM kecil. Hal ini karena aktivitas multitasking mengharuskan untuk mentransfer data secara bersamaan dan apa yang terjadi pada smartphone RAM kecil? tentunya aplikasi yang dibuka menjadi tidak lancar dan lemot. Beda halnya, jika Anda memiliki smartphone dengan ukuran RAM yang besar.

Mungkin salah satu contoh manfaat RAM pada saat bermultitasking yakni ketika Anda sedang memainkan game di sepanjang jalan untuk mengisi kebosanan lalu tiba-tiba Anda melihat sebuah pemandangan yang menurut Anda bagus untuk diabadikan. Pada smartphone RAM besar, tanpa perlu menutup aplikasi game tadi, Anda bisa langsung membuka aplikasi kamera kemudian mengabadikan momen tersebut dengan lancar tanpa tersendat-sendat.

Gaming Lancar Tanpa Lag

Jika Anda seorang yang gemar bermain mobile game tentunya lag merupakan sesuatu yang amat sangat menyebalkan. Apalagi ketika sedang mabar bersama teman-teman, eh di tengah-tengah jalan smartphone Anda justru berhenti beroperasi alias nge lag! Selain memori yang penuh, koneksi, bisa saja salah satu penyebab smartphone Anda nge lag karena kapasitas RAM yang kecil.

RAM pada smartphone memiliki fungsi untuk memproses data dari aplikasi yang sedang berjalan. Sehingga, game-game berukuran besar memerlukan RAM dengan kapasitas yang besar untuk memproses data-data tersebut. RAM yang kecil membuat perangkat tidak mampu memproses data game dengan cepat. Jadi, jangan heran jika ketika Anda bermain game, game justru nge lag. Coba lihat spesifikasi RAM yang ada pada smartphone Anda.

Memiliki banyak Aplikasi bukan masalah

Bagi Anda yang suka mendownload aplikasi-aplikasi, tentu memilih smartphone dengan kapasitas RAM kecil bukanlah suatu ide yang bagus. Tidak hanya tidak mampu menampung ukuran dari aplikasi-aplikasi download, namun juga smartphone dengan RAM kecil akan terbebani ketika aplikasi tersebut beroperasi. Apalagi, aplikasi yang Anda download tentu tidak akan stuck dengan versi yang sekarang, pastinya di kemudian hari ia akan meminta pengupgradean sehingga membuat aplikasi tersebut bertambah besar. Dengan memiliki RAM besar, Anda bisa dengan bebas untuk menginstal aplikasi-aplikasi tanpa khawatir.

Kinerja Smartphone Menjadi Ringan

RAM memiliki peran yang penting dalam mendukung kinerja prosesor pada sebuah perangkat. Kapasitas RAM yang besar dapat mempercepat dalam memproses data-data oleh prosesor. Walaupun terbilang prosesor terbaik di kalangannya namun tidak akan artinya jika RAMnya tidak sesuai. Semakin besar RAM, kinerja sebuah smartphone akan ringan pula.

Mendownload Aplikasi Berukuran Besar dengan Lancar

Dengan memiliki smartphone RAM besar, Anda tidak perlu khawatir jika aplikasi tersebut tidak dapat berjalan lancar. Hal ini karena ruang aplikasi berukuran besar tersebut. Jadi, jika Anda merupakan orang yang gemar mendownload aplikas-aplikasi dengan ukuran yang besar, Anda bisa memilih spesifikasi RAM yang besar ya!

Nah, itu dia beberapa keuntungan dari memiliki smartphone RAM besar. Jadi, bagaimana? sudah tertarik untuk memilikinya? Tidak perlu keluar rumah, Anda bisa melihat-lihat calon smartphone Anda pada e-commerce Blibli yang sudah terjamin akan kepercayaan dan pelayanannya!

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini