Reformasi Struktural jadi Kunci Pemulihan Perekonomian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pondasi perekonomian akan diperbaiki lewat reformasi struktural. Dalam hal ini kaitannya dengan daya saing maupun inovasi, seiring dengan upaya pemulihan ekonomi dari dampak covid-19.

“Dengan demikian kita tidak hanya sekadar pulih, tapi juga pulih lebih kuat dan baik,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani secara daring di Jakarta, Selasa 31 Agustus 2021.

Saat ini, pemerintah fokus memulihkan ekonomi dengan mendorong realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk mengakselerasi permintaan masyarakat di tengah pandemi covid-19.

“Kita terus lakukan berbagai belanja yang bisa meningkatkan permintaan termasuk belanja modal agar investasi bisa muncul,” katanya.

Ia mengatakan pemerintah terus menyesuaikan anggaran dana PEN dengan kondisi covid-19. Pada awal tahun, anggaran PEN dipatok di bawah Rp 400 triliun yang meningkat menjadi Rp 744,7 triliun karena penyebaran covid-19 varian delta.

“Bidang kesehatan mengalami tambahan anggaran hingga Rp 214 triliun meskipun hingga Agustus realisasinya baru 35,9 persen,” katanya.

Selain itu, dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, pemerintah juga menambah dana bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat, menyalurkan subsidi listrik bagi pelanggan 450 dan 900 va, dan mensubsidi ubah pekerja yang terdampak.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga dibantu baik melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), penjaminan kredit modal kerja, dan penempatan dana untuk UMKM di perbankan.

Di samping itu, pemerintah juga menggunakan APBN untuk memberikan insentif pajak bagi perusahaan terdampak covid-19. Menkeu mengatakan, saat ini realisasi program PEN telah mencapai 43 persen dari yang dianggarkan atau sebesar Rp 326 triliun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini