Cenderawasih Sang Burung Surga yang Masyhur di Eropa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanah Papua terkenal dengan keindahan hutan dan flora maupun fauna yang diam di dalamnya. Salah satu kebanggaan Orang Asli Papua adalah Burung Cenderawasih. Burung ini diklaim sebagai burung para dewa atau burung yang datang dari surga karena keindahan bulu-bulunya. Bahkan burung ini dipercaya tak pernah menginjakkan kakinya ke tanah.

Keindahan Cenderawasih ini tentu membuat banyak pihak ingin mengoleksinya sebagai hewan peliharaan. Bahkan, burung ini diburu untuk diambil bulunya untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan mahkota cenderawasih.

Berbicara tentang mahkota cenderawasih, sebenarnya hal ini berkaitan erat dengan adat istiadat para suku di Tanah Papua. Mahkota ini cuma layak dipakai oleh seorang Ondoafi (kepala suku) atau orang yang memiliki jabatan tinggi. Rakyat biasa tak boleh memakainya.

Maka wajar saja kalau rencana penggunaan mahkota cenderawasih untuk hajatan PON XX Papua pada Oktober 2021 mendatang menuai penolakan dari beragam pihak. Mulai dari para pemimpin daerah setempat hingga para pemuka adat.

Berbicara tentang Cenderawasih, Indonesia patut berbangga lantaran burung yang terdiri atas 42 jenis spesies ini, 30 dari mereka berada di hutan Papua.

Cendrawasih sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda, ada Cendrawasih Merah, Cendrawasih Botak, Cendrawasih 12 Antena dan semuanya memiliki ciri yang berbeda. Yang menjadi daya tariknya memang kecantikan burung ini. Keunikan ini membuatnya dikenal dunia dan mendapat julukan sebagai Bird of Paradise.

Istilah ‘burung surga’ tersebut ini bermula dari kisah seorang ilmuwan dan penjelajah Venesia bernama Antonio Pigaffeta. Ia melakukan perjalanan keliling dunia di tahun 1522. Salah satu tempat yang ia singgahi adalah Indonesia.

Ketika itu, Antonio dibekali kulit burung Cendrawasih kuning oleh Raja Bacan dari Maluku Utara. Kulit itu ditujukan untuk Raja Spanyol. Hadiah tersebut kemudian diteliti secara ilmiah dan membuat banyak orang Eropa takjub. Mereka tidak menyangka kalau ada burung seindah Cendrawasih. Atas dasar kepercayaan tersebut, burung Cendrawasih akhirnya dijuluki Bird of Paradise. Salah seorang peneliti biologi dari Inggris, Alfred Wallace, juga memberi nama latin burung ini yakni Paradisea apoda.

Selain dipercaya punya warna yang indah. Cendrawasih juga dipercaya oleh banyak orang tak pernah menapakkan kakinya ke tanah. Orang Eropa percaya kalau burung ini tak pernah turun ke bumi, ia hanya berada di luar angkasa. Makanannya adalah embun, proses kawin dilakukan di udara, telur dierami dengan betina yang duduk di atas pejantannya. Kalau sudah lelah terbang, maka burung ini hanya akan hinggap di pohon.

Karena mengetahui bahwa Cendrawasih memang ada, banyak sekali orang Eropa yang melakukan perjalanan ke Nusantara untuk memburu hewan ini. Bulunya yang halus dan indah bisa dijadikan sebagai hiasan mahkota dan topi para bangsawan. Masalah harga jangan ditanya lagi, burung ini sangat mahal sekali. Para pemburu menangkap kemudian memotong kakinya lalu mengawetkan burung dengan teknik pengasapan sederhana.

Saat datang ke daratan Eropa, burung ini sudah tidak memiliki kaki. Hal inilah yang membuat banyak orang percaya kalau Cenderawasih memang tak hidup di bumi. Padahal, kakinya dipotong oleh para pemburu. Gelar ‘paradisaea’ juga membuat harganya tetap mahal, walaupun saat datang sudah dalam bentuk awet karena pengasapan. Nama ilmiah ‘apoda’ sendiri artinya tanpa kaki.

Untungnya, saat ini keberadaan Cendrawasih sudah dilindungi dan tak boleh diburu secara liar, apalagi untuk dijual dan dijadikan sebagai hiasan. Burung ini masuk ke dalam daftar hewan yang dilindungi dan jarang menampakkan diri ke hadapan manusia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini