Banyak Beredar, Ini 5 Hoax Tentang Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 semakin meradang. Tak cuma jumlah positifnya yang meningkat, berita hoax seputar virus corona pun bertambah banyak.

Setelah kurang lebih 6 bulan Indonesia dilanda virus asal Wuhan ini, setidaknya ada 5 berita hoax tentang corona yang paling bikin heboh masyarakat. Yuk simak!

1. Bawang Putih Mampu Tangkal Virus Corona

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bawang putih bisa menangkal virus corona. Akan tetapi, belum ada penelitian lebih lanjut yang bisa membuktikan mengkonsumsi bawang bisa tangkal virus corona.

2. Thermo Gun Bisa Merusak Otak

Hoax terkait Covid-19 selanjutnya adalah thermo gun yang kini tak asing lagi di pandangan kita. Sempat beredar hoax bahwa alat pengukur suhu berbentuk pistol ini bisa merusak fungsi otak.

Hal ini diklaim karena radiasi sinar laser yang diarahkan ke dahi untuk mengukur suhu tubuh bisa merusak struktur jariangan otak.

Namun lagi-lagi, hal ini belum terbukti kebenarannya gaes.

3. Minum Air Putih 15 Menit Sekali Bisa Sembuhkan Covid-19

Munculnya informasi meminum air putih tiap 15 menit untuk membasmi virus corona dimulut, juga sempat menghebohkan sosial media. Kabarnya, berita tersebut dikutip dari ‘seorang dokter jepang’ yang tak diketahui identitasnya.

Meski demikian, Prof. Trudie Lang dari Universitas Oxford mengungkapkan tidak ada mekanisme biologis yang mendukung informasi bahwa minum air putih tiap 15 menit bisa membasmi virus.

4. Berjemur Bisa Atasi Virus Corona

Informasi satu ini pun sempat ramai di Indonesia. Banyak orang berbondong-bondong berjemur di halaman rumah sampai lapangan. Mereka percaya virus corona bisa mati terkena suhu yang panas.

Faktanya, manfaat berjemur memang bagus untuk kesehatan dan mampu merangsang produksi vitamin D. Hal tersebut juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, bukan untuk membunuh virusnya ya.

5. Mandi Air Panas Bisa Bunuh Virus

Sama halnya dengan berjemur, informasi mandi air panas bisa membunuh virus corona adalah kekeliruan. Menurut Profesor Bloomfield, setelah virus masuk ke tubuh, tidak ada cara untuk membunuhnya, dan harus daya tahan tubuhmu sendiri yang melawan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini