Nuzulul Quran, Peringatan Peristiwa Turunnya Al-Quran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan adalah bulan paling mulia bagi umat muslim. Banyak persitiwa bersejarah terjadi di bulan ini, termasuk Nuzulul Quran.

Setiap tanggal 17 Ramadan diperingati sebagai malam Nuzulul Quran. Nuzulul Quran berarti turunnya Al-Quran.

Malam Nuzulul Quran diperingati dengan berbagai macam kegiatan seperti tumpengan, pengajian, istighotsah, tahlil, hingga khataman Al-Quran.

Nuzulul Quran adalah peristiwa pertama kali diturunkannya wahyu Allah SWT berupa Al Quran yaitu Surah Al-Alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi di Gua Hira (Makah) pada malam ke-17 Ramadan.

Nuzulul Quran yang diperingati oleh umat Islam adalah sebagai peringatan turunnya ayat Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW yakni ayat 1-5 Surat Al-Alaq.

‎اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ. خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ. اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ. عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Artinya:

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” Adapun Lailatul Qadar merujuk kepada malam diturunkannya Al-Qur’an dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah atau langit dunia. Dikisahkan bahwa pada malam itu langit menjadi bersih, tidak nampak awan sedikitpun, suasana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.”

Lalu, apa yang seharusnya dikerjakan atau diamalkan saat malam Nuzulul Quran?

1. Membaca Al Quran
Sebenarnya setiap hari selama Ramadan merupakan istimewa Al-Quran diturunkan. Hanya saja alangkah mulianya umat muslim memaknainya dengan mengamalkan membaca firman Allah SWT tersebut.

Al-Quran diturunkan pada bulan yang mulia dan diberkahi. Oleh karena itu, mutlak Al Quran dibaca dan dikaji sebagai pedoman. Di malam diturunkannya Al-Quran inilah alangkah mulianya amalan mengkaji Al-Quran.

2. Tadaburi Al-Quran
Selain membaca Al-Quran, amalan lain yang dianjurkan saat malam Nuzulul Quran adalah mentadaburinya (Al-Quran).

Tentu membaca Al-Quran juga perlu mengetahui arti, makna serta hikmah di baliknya. Sebagaimana Al-Quran merupakan pedoman umat manusia yang mesti dipahami untuk menjadi cara hidup.

3. Mendirikan salat malam
Amalan bagi umat muslim yang dianjurkan ketika malam Nuzulul Quran yakni mendirikan salat malam. Selain itu, ada banyak keutamaan mendirikan salat malam pada bulan Ramadhan.

4. Itikaf
Melaksanakan Itikaf juga menjadi amalan yang dianjurkan ketika malam Nuzulul Quran.
Pada dasarnya Itikaf mendekatkan diri kepada Allah SWT serta membentuk perenungan diri. Itikaf berarti juga berzikir kepada Allah SWT.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini