Tahun 2021, Jokowi Bangun Rel Kereta Yogya-Borobudur

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam hal ini Kementerian Perhubungan berencana menghubungkan Yogyakarta dengan Borobudur di Magelang, Jawa Tengah dengan jalur kereta api. Rencananya rel kereta Yogyakarta-Borobudur dibangun tahun 2021.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan jalur kereta api Yogyakarta-Borobudur, sebagian akan dikerjakan dengan reaktivasi jalur lama. Sementara sisanya dibangun di jalur baru yang konsepnya sejalan dengan Tol Yogya-Bawen.

“Nanti akan dikombinasi. Mungkin kita akan ikut jalan tol-nya di mana, jalan kereta api-nya akan sejalan dengan jalan tol, jadi pembebasan lahannya sekaligus,” katanya.

Pembangunan jalur kereta api tersebut, kata dia tidak hanya akan menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Borobudur, namun juga menghubungkan bandara baru di Kulon Progo dengan Borobudur.

Konektivitas Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo dengan destinasi wisata di sekitarnya termasuk Borobudur memang menjadi perhatian pemerintah untuk mendongkrak kunjungan turis asing.

“Harapan kita tourism ini menjadi suatu keunggulan devisa kita, bahkan mungkin menjadi devisa yang utama, seperti Thailand itu devisa utamanya adalah pariwisata,” katanya.

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini