Prajurit TNI Temukan Peninggalan Bersejarah dari Pasukan Garuda Merah di Pegunungan Bintang

Baca Juga

MATA INDONESIA, PEGUNUNGAN BINTANG – Prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini, Batalyon Infanteri (Yonif) 403/Wirasada Prastista menemukan peninggalan berharga dari pasukan Garuda Merah yang bertugas di Papua puluhan tahun silam. Penemuan tersebut berupa batu prasasti yang dibuat pada tahun 1994.

Menurut keterangan resmi dari Yonif 403/WP, prasasti dari pasukan TNI Garuda Merah itu ditemukan di dalam tanah di wilayah Kampung Polobakon, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang Papua.

“Prajurit Yonif 403/Wirasada Pratista bersama masyarakat bergotong royong menggali dan mengangkat separuh bagian temuan batu prasasti dari dalam tanah,” tulis Yonif 403.

Setelah diangkat dari dalam tanah, batu prasasti tersebut dibersihkan. Pahatannya pun dicat warna emas dan kemudian diletakkan di tempat yang telah diberi tanaman hias.

Batu prasasti itu berukuran cukup besar, di permukaannya terukir tulisan berisi amanat yang dibuat prajurit pasukan Garuda Merah saat mereka bertugas di Papua.

AMANAT
YONIF 403
‘Kutitipkan kepadamu kedamaian bumi cenderawasih ini’

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini