Persiapan Listrik untuk PON XX di Timika Sudah Hampir 100 Persen

Baca Juga

MATA INDONESIA, TIMIKA – PLN tengah berupaya merampungkan pasokan listrik di Timika untuk penyelenggaraan acara PON XX Papua yang akan dilaksanakan Oktober 2021. Kesiapan kelistrikan PON di Timika untuk cabang olahraga untuk cabang olahraga futsal, bola tangan, biliar, aeromodelling, panjat tebing, judo, tarung drajat, bola basket, atletik terbang layang dan kantor sekretariat PON.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika, Martinus Pasensi mengatakan, capaian kelistrikan PON di Timika mencapai 97 persen. Pekerjaan tersebut hampir tuntas, tinggal pemasangan LBS Three Way. Pekerjaan ini ditargetkan akan rampung pada akhir Juli 2021.

Menurut Martinus, sebagai antisipasi kendala listrik saat acara berlangsung, rencananya setiap venue akan dipasok oleh dua jalur suplai listrik. Selain itu, PLN juga telah menyiapkan genset dan Uninterruptible Power Supply (UPS) di setiap venue untuk mengamankan pasokan listrik agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

“Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk saling membantu terkait kendala-kendala selama pembangunan infrastruktur kelistrikan ini,” ujarnya, Senin 5 Juli 2021.

Ia juga memastikan bahwa pasokan daya yang berasal dari PLTD Timika dan PLTMG Timika dipastikan cukup. Total 35,3 MW daya dapat dihasilkan oleh kedua pembangkit, dengan beban puncak mencapai 25,6 MW dan menyisakan cadangan daya sebesar 9,7 MW.

Martinus pun mengungkapkan bahwa bulan ini pihaknya akan melakukan simulasi gangguan di salah satu penyulang ataupun keduanya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan sekaligus antisipasi, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dengan kesiapan yang ada, PLN berharap event nasional ini bisa sukses dan berjalan sesuai rencana,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini