MATA INDONESIA, JAKARTA – Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia meningkat dan berada di zona optimis.
Hal itu, diungkapkan Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono saat membeberkan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia pada Agustus 2022.
Berdasarkan survei itu, indeks keyakinan konsumen (IKK) Indonesia pada bulan lalu diketahui sebesar 124,7 atau lebih tinggi dari bulan Juli 2022.
“Pada Juli 2022 angkanya 123,2 serta secara konsisten tetap berada di zona optimis (IKK>100). Metode survei menggunakan sistem keluhan dan saran,” kata Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, Kamis 8 September 2022.
Peningkatan IKK itu, menurut Erwin, tercatat pada sebagian besar kategori seperti tingkat pengeluaran, kelompok usia, dan tingkat pendidikan responden.
Pada kategori pengeluaran, keyakinan konsumen tertinggi pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1 juta sampai Rp 5 juta.
Sedangkan berdasarkan usia terutama pada responden dengan usia 31–40 tahun.
Secara spasial, IKK Agustus 2022 terindikasi meningkat di beberapa kota yang disurvei, tertinggi di kota Padang yang naik 22,1 poin, diikuti Palembang dengan kenaikan IKK sebesar 16 poin dan Bandar Lampung meningkat 11,9 poin.
Menurutnya, meningkatnya optimisme konsumen pada Agustus 2022 didorong peningkatan keyakinan konsumen.
Hal itu, terindikasi dari kondisi ekonomi sekarang dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan.