Kemkes: Tidak Ditutupi, Data Covid19 Diverfikasi Ketat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemkes) menegaskan data Covid19 yang disampaikan kepada Juru Bicara Pemerintah untuk Covid19 Achmad Yurianto sudah melalui verifikasi dan validasi yang ketat. Tidak ada yang ditutup-tutupi.

“Jika ada data yang berbeda baik di daerah dengan yang disampaikan juru bicara pemerintah itu karena waktu penutupan perhitungan tidak sama antara instansi maupun kementerian dan lembaga pemerintah,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Didik Budijanto di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Selasa 28 April 2020.

Alur pengumpulan data Covid19 di Indonesia dimulai dari laboratorium jejaring Badan Litbang Kesehatan Kemenkes kemudian dikirim dan dikompilasi di laboratorium Balitbang Kesehatan Kemenkes.

Di sinilah Balitbang Kesehatan Kemenkes melakukan validasi dan verifikasi data agar benar-benar sesuai dan tepat. Alasannya karena ada orang yang pemeriksaannya bisa empat kali.

Data dari Balitbang Kesehatan itu dikirim ke Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (PHOEC) Kementerian Kesehatan yang kembali melakukan proses validasi dan verifikasi.

PHOEC juga menerima data dari dinas kesehatan tiap provinsi di seluruh Indonesia terkait penelusuran epidemiologi tiap daerah bersangkutan.

Data yang diberikan dinas kesehatan provinsi juga mencakup informasi jumlah spesimen dan banyaknya orang yang diperiksa. Selain itu, hasil positif dan negatif dari pemeriksaan tiap daerah, serta data orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di wilayah itu.

Selanjutnya PHOEC meneruskan data tersebut kepada Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan. Di sini data itu kembali diverifikasi dan divalidasi.

Data yang dimiliki Pusat Data dan Informasi Kemenkes yang disimpan pada sistem gudang data juga terintegrasi dengan sistem Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19.

Setiap ada data baru yang diperbarui di gudang data Kemenkes, secara otomatis data tersebut juga diperbarui di sistem data Gugus Tugas dalam waktu 12 menit setelah ada pembaruan data di Kementerian Kesehatan.

Tujuan memperbarui data tersebut adalah agar bisa dimanfaatkan setiap pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan strategis dalam penanganan Covid19, selain disampaikan kepada masyarakat di daerahnya dengan jelas.

Hal tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan agar masyarakat melakukan pencegahan supaya tidak tertular.

Pemerintah juga meluncurkan satu data Covid19 yang terintegrasi dalam satu sistem sehingga meniadakan perbedaan akan data. Kementerian Kesehatan akan terus meningkatkan perbaikan data terkait COVID-19 baik dari segi kualitas maupun juga kuantitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini