Kementerian PUPR Bantu Renovasi 50 Unit Rumah Warga di Sentani

Baca Juga

MATA INDONESIA, SENTANI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan merenovasi 50 unit rumah milik warga di dua kampung wisata di Sentani, Papua. Bantuan tersebut disalurkan lewat Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang menyasar 30 unit rumah di Kampung Wisata Yoboi dan 20 unit rumah di Kampung Asei.

Menurut Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, dalam pelaksanaan program bedah rumah tersebut, pemerintah selalu mendorong peran aktif masyarakat untuk bergotong royong dan didampingi tenaga fasilitator lapangan (TFL).

“Kami ingin Indonesia terbebas dari rumah tidak layak huni melalui Program BSPS ini, dan masyarakat bisa menempati rumah yang layak,” ujarnya, Senin 6 September 2021.

Pemerintah daerah pun diharapkan bisa mereplikasi program BSPS perumahan sesuai dengan kearifan lokal daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Papua I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Faisal Soedarno menjelaskan bahwa pelaksanaan program BSPS berbasis PEN kali ini sangat tepat karena disalurkan ke kampung wisata yakni Kampung Yoboi dan Kampung Asei.

Kementerian PUPR berharap dengan Program BSPS ini masyarakat Papua bisa tinggal di hunian yang layak huni dan mampu menjadi penggerak perputaran ekonomi pada wisata daerah tersebut.

“Kampung Yoboi mendapatkan bantuan sebanyak 30 unit dengan total anggaran Rp 705 juta. Jadi program bedah rumah juga dapat membantu meningkatkan kualitas hunian dan menambah keindahan kampung wisata yang masuk dalam 50 Besar Desa Wisata Indonesia Bangkit,” katanya.

Bantuan ini diapresiasi oleh Kepala Kampung Yoboi Sefanya Wally. Ia mengatakan, masyarakat sangat menyambut dengan baik bantuan ini. Dia berharap ke depan jumlah bantuannya bisa ditambah, mengingat masih banyak warga yang rumahnya tidak layak huni.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan Kementerian PUPR ini sehingga Kampung Yoboi semakin baik. Namun kami harap bantuan ini bisa dilanjutkan tahun depan karena masih ada warga kami sekitar 34 rumah masih belum layak huni,” ujarnya.

Sebagai informasi, program BSPS di wilayah Sentani ini merupakan kuota tambahan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang akan dilaksanakan di empat kabupaten dan satu kota.

Penyalurannya tersebar di Kabupaten Jayapura sebanyak 50 unit, Kabupaten Keerom 30 unit, Kabupaten Tolikara 150 unit, Kabupaten Jayawijaya 50 unit, dan Kota Jayapura sebanyak 20 unit. Total anggaran BSPS yang disalurkan sebesar Rp 7,05 miliar untuk total 300 unit rumah masyarakat di Papua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini