Kemenag Yogya Tunggu Jumlah Resmi Kuota Haji

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Berapa jumlah kuota dari Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Ibadah Haji 2022?

Sejauh ini Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan jumlah kuota setiap negara termasuk Indonesia yang mendapat kuota 101 ribu orang.

Dari jumlah itu, setiap daerah akan mendapatkan pembagian kuota jemaah haji yang bisa berangkat tahun ini. Kepala Kantor Kemenag Kota Yogya, Nur Abadi masih menunggu kuota yang diberikan dari pemerintah Indonesia untuk jemaah dari Kota Yogya.

”Kalau pemberangkatan haji sudah bisa dilakukan, tapi hanya dibuka 101 ribu orang. Nah di Yogya kita sudah bersiap hanya tinggal menunggu jumlah kuota yang diberangkatkan,” ujar Nur Abadi, Minggu 17 April 2022.

Ia menerangkan bahwa untuk kelompok yang berangkat juga masih dalam pertimbangan pemerintah pusat. Mengingat untuk warga lanjut usia masih harus diperhatikan kesehatannya terkait potensi penularan Covid-19.

Kemenag Yogya juga tak ingin mengambil resiko ketika jumlah yang berangkat terlalu banyak. Nantinya ada pertimbangan lain untuk menentukan calon jamaah haji yang berangkat.

Selain itu pemeriksaan kesehatan dan juga vaksinasi meningitis serta kepastian jumlah jemaah yang akan berangkat.

”Untuk yang vaksin meningitis menunggu kepastian yang akan berangkat. Hal itu juga untuk memastikan agar calon jemaah yang berangkat ini tidak tertunda lagi karena belum bisa berangkat tahun ini,” katanya.

Pada 2020 lalu, Kota Yogya tercatat akan memberangkatkan 400 orang calon jemaah haji. Hingga kini tercatat lebih kurang 12 ribu orang jemaah yang mendaftar.

”Kami juga mengingatkan lagi ke jemaah yang sudah lunas untuk bersiap ketika kuota untuk Yogya sudah ditetapkan. Selain itu bagi jemaah yang mengambil sebagian bayaran, bisa segera melunasi ketika sudah mendapat kesempatan pemberangkatan haji,” katanya.

Reporter: M Fauzul Abraar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini