Epidemiolog Sebut Indonesia Segera Masuk Fase Endemis Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono menegaskan Indonesia akan segera memasuki fase endemis Covid-19 seperti yang diharapkan Presiden Jokowi selama ini.

“Harapan pak @jokowi agar Indonesia memasuki fase Endemis, lepas dari Jebakan pandemi Covid-19 bisa terwujud,” kata Pandu yang dikutip Selasa 7 Desember 2021.

Namun, kewaspadaan harus tetap terjaga yaitu disiplin menggunakan masker, menjaga jarak dan menyuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Selain itu, ikhtiar untuk mempercepat target cakupan vaksinasi covid-19 harus terus dilakukan.

Menurut Pandu, tingkat kekebalan penduduk adalah kunci pertahanan masyarakat dalam kondisi endemis.

Saat ini, indikator covid-19 Indonesia menunjukkan tren terus menurun bahkan dalam beberapa minggu ini membuat kurva horizontal di dasar tabel yang disebut-sebut sebagai awal memasuki kondisi endemis.

Semua angka, baik untuk kasus harian, angka meninggal dunia hingga kasus aktif dalam posisi yang sangat rendah dalam beberapa hari belakangan.

Pada tahap endemis, Covid-19 hanya akan berjumlah sangat sedikit seperti sekarang dan hanya terjadi di kondisi atau wilayah tertentu saja. Intinya sangat mudah dikendalikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini