Penemuan Cagar Budaya dan Artefak Pada Pembangunan MRT Jakarta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Publik digegerkan dengan penemuan artefak dan objek lain yang merupakan cagar budaya oleh PT. Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, saat tengah garap contract package (CP) 203 Stasiun MRT Mangga Besar-Kota. Temuan tersebut didapatkan di kawasan Glodok, Jakarta Barat.

Objek yang berhasil ditemukan yaitu berupa terakota yang merupakan jembatan kuno Glodok, saluran air, dan artefak. Sejumlah artefak yang ditemukan sempat ditunjukkan kepada awak media yang mengikuti rangkaian Forum Jurnalis yang digelar PT. MRT Jakarta pada Selasa, 20 September 2022.

Temuan saluran air sepanjang 400 meter itu merupakan bagian dari sistem pemasok air bersih Kota Batavia pada abad 17. Air lalu dialirkan melalui kolam hingga Kastil Batavia.

Nantinya, temuan tersebut akan dipamerkan di Visitor Center Gallery MRT yang terletak di Stasiun MRT Jakarta Kota. Juga nantinya lokasi tersebut akan menyediakan informasi seputar MRT. (Zerena Rahayu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini