Tinggal di Sel Gelap dengan Mulut Bau, William Addis Temukan Konsep Sikat Gigi Modren

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA ­– Ide untuk menciptakan sesuatu terkadang muncul di saat yang sama sekali tidak dapat di duga.

Tahun 1770, William Addis, seorang narapidana di Inggris, menemukan konsep sikat gigi modren gara-gara giginya kotor. Ia menemukan konsep sikat gigi modren saat ia berada di penjara.

Mendekam di sel yang gelap, tanpa mengerjakan apapun, dan mulut yang bau membuatnya terinspirasi membuat alat pembersih gigi.

Inspirasinya ini datang ketika dia melihat sapu di pojok ruangan. Addis kemudian mengambil tulang di lantai. Entah bagaimana, mengebornya dan memasukkan bulu dari sipir.

Keluar dari penjara, Addis menghasilkan sejumlah sikat gigi yang terbuat dari bulu kuda dan tulang. Dia mulai menjualnya di jalanan London. Mulai saat itulah, popularitas sikat gigi meningkat. Addis mendirikan perusahaan dan memproduksi sikat gigi modern secara massal pertama.

Meski telah produksi secara massal, sayangnya hingga 1840-an, sikat gigi modern belum pernah paten. Baru sekitar 1857, paten pertama untuk sikat gigi atas nama HN Wadsworth. Ia mengajukan paten karena ia memproduksi sikat gigi seperti model di Cina. Dia menggunakan tulang hewan dan bulu babi.

Sekitar tahun 1937, sikat gigi dengan bulu hewan mulai jarang. Hal ini karena munculnya sikat gigi berbulu nilon pertama oleh Du Pont Laboratories. Sikat gigi berbulu nilon lebih higienis dari bulu hewan. Selanjutnya, nilon yang lebih lembut untuk kenyamanan menyikat gigi. Sikat gigi berbahan polimer ini merevolusi sikat gigi yang ada kini.

Kini gaya hidup yang berubah. Muncullah sikat gigi listrik.

Sikat gigi listrik pertama tercipta di Swiss pada 1939. Sedangkan pada 1960-an, sikat gigi listrik pertama muncul di Amerika Serikat oleh perusahaan Squibb dengan nama The Broxodent. Teknologi dunia terus berkembang. Tak terkecuali pada teknologi sikat gigi.

Kini kita dengan mudah menemukan berbagai variasi sikat gigi. Mulai dari gagang lurus, miring, hingga melengkung. Kepala sikat gigi juga tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk untuk berbagai jenis usia.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini