Scotland Yard, Markas Besar Polisi Metropolitan London

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Gedung New Scotland Yard terlihat kuno. Ciri khas gedung-gedung di Inggris. Terletak di kawasan Victoria di pusat kota London. Di kawasan ini terdapat Victoria Station, Victoria Street, Buckingham Palace Road, dan sejumlah bangunan komersial.

Nah, meski terlihat kuno, infrastuktur di gedung ini luar biasa modren. Ada sekitar 27.000 personel polisi yang bekerja di gedung ini untuk mengamankan 787 kilometer persegi dan melayani sekitar 6.750.000 penduduk kota London.

Scotland Yard sebenarnya adalah nama lain dari Markas Besar Kepolisian Metropolitan London. Bertanggung jawab atas keamanan wilayah Greater London di kota London, Inggris. Lokasinya di Westminster, sekitar 460 meter jauhnya dari Houses of Parliament.

Nama tersebut berasal dari lokasi asli markas pusat yaitu bertempat di Great Scotland Yard. Sebuah jalan di Whitehall. Adapun lokasi aslinya sekarang telah menjadi kantor militer Kerajaan Inggris.

Whitehall

Kenapa Polisi London berubah nama menjadi Scotland Yard? Itu berasal dari lokasi asli markas ini di Great Scotland Yard di daerah Whitehall. Versi asal nama jalan juga menarik. Pada abad ke-10, raja Inggris Edgar memberi raja Skotlandia Kenneth sebidang tanah di sebelah kota. Dia menuntut agar Raja Kenneth membangun tempat tinggal di sana dan mengunjunginya setiap tahun. Dengan demikian sebenarnya Raja Kenneth membayar upeti kepada Kerajaan Inggris atas nama Skotlandia.

Raja Kenneth membangun sebuah istana di mana dia tinggal di sana setiap kali dia datang ke Inggris. Istana tetap menjadi milik raja-raja Skotlandia dan menjadi wilayah khusus Skotlandia. Ketika Ratu Elizabeth I meninggal pada 1603, Raja James VI dari Skotlandia menjadi Raja Inggris dan Skotlandia. Sehingga istana terbagi menjadi dua bagian: yang pertama disebut “Great Scotland Yard”, yang kedua – “Middle Scotland Yard”. Sekarang ini kedua gedung ini kemudian berubah menjadi gedung pemerintah.

Gedung Scotland Yard yang Pertama
Gedung Scotland Yard yang Pertama

Ada juga versi bahwa pada Abad Pertengahan jalan itu milik seorang pria bernama Scott. Ia membuat kantor kereta pos dengan rute London Inggris dan Skotlandia.

Pada abad ke-17, jalan itu menjadi rumah bagi gedung-gedung pemerintah. Perancangnya adalah Inigo Jones dan Christopher Wren.

Gedung lama markas Scotland Yard
Gedung lama markas Scotland Yard

Sebelum ada petugas keamanan alias polisi, Kerajaan Inggris hanya mengandalkan kekuatan sherif setiap wilayah. Barulah Menteri Dalam Negeri Sir Robert Peel merasa perlu membentuk sebuah petugas kepolisian. Setelah mendapat persetujuan dari Parlemen, pada 1829 ia bersama Francois Eugene Widocq membentuk Markas Besar Metropolitan London. Mereka memilih wilayah Scotland Yard sebagai lokasi awal Markas Besar Polisi.

Pada tahun 1829, gedung itu resmi menjadi markas besar Polisi di London. Sebagai kepalanya ditunjuk Sir Charles Rowan dan Sir Richard Mayne. Sampai tahun 1855, jabatan ini dipegang bersama oleh dua perwira. Kedua kepala, bersama dengan petugas polisi dan staf, menempati sebuah rumah pribadi di 4 Whitehall, yang bagian belakangnya menghadap ke halaman.

Pada tahun 1887, Scotland Yard menempati gedung no 3, 4, 5, 21 dan 22 di Whitehall Square, rumah 8 dan 9 di sepanjang Great Scotland Yard, rumah 1,2 dan 3 di Palace Square. Di sana juga terdapat gudang, Kantor Angkutan Umum (badan yang bertanggung jawab untuk perizinan kegiatan sopir taksi dan sopir taksi) dan kantor CID (Departemen Investigasi Kriminal).

Karena pertumbuhan yang cepat dan tidak memadai ini pada tahun 1890, kantor-kantor ini pindah ke Victoria Waterfront. Lokasi kantor baru ini baru dan khusus rancangan arsitek terkenal Richard Norman Shaw. Markas baru ini mendapat nama New Scotland Yard. Nah, yang menarik, selama pembangunan salah satu bangunan, para pekerja menemukan mayat seorang wanita yang terpotong-potong. Belakangan diketahui bahwa ia adalah salah satu korban Jack the Ripper.

Scotland Yard juga berperan dalam mempopulerkan sejumlah istilah umum, termasuk “Black Maria” untuk mobil van polisi dan menjadi populer pada tahun 1858.

Gedung Baru Scotland Yard (Markas Besar Polisi London)
Gedung Baru Scotland Yard (Markas Besar Polisi London)

Sejumlah teknik penyelidikan kejahatan termasuk sidik jari menjadi salah satu metode penegakan hukum modern yang awalnya berkembang di Scotland Yard.  Kepolisian Inggris ini juga merupakan yang pertama merekrut polisi wanita sebagai salah satu pilar penegakan hukum mereka.

Kepolisian Metropolitan tidak hanya bertanggung jawab pada keamanan dalam negeri tetapi juga turut aktif dalam menangani kejahatan internasional. Scotland Yard juga memiliki tugas melindungi keluarga kerajaan Inggris dengan komisaris kepoliisian yang langsung melapor kepada menteri dalam negeri.

Scotland Yard lazim bekerja sama dengan berbagai organisasi intelijen Inggris untuk bertukar informasi dan personil.

Lembaga kepolisian ini dikenal terlibat dalam penyelidikan berbagai tindak kejahatan terkenal dalam sejarah, termasuk Jack the Ripper, Dr. Crippen, dan Kray Gang.

Pada tahun 1890, kepolisian London telah berkembang dari 1.000 petugas awal menjadi 13.000, membutuhkan lebih banyak staf administrasi dan markas besar yang lebih besar. Dengan perluasan lebih lanjut dari ukuran dan tanggung jawab polisi, menjadi perlu untuk lebih meningkatkan staf, sehingga pada tahun 1907 dan 1940 New Scotland Yard diperluas. Kompleks bangunan ini saat ini termasuk dalam daftar bangunan yang memiliki signifikansi arsitektur, sejarah, atau budaya.

Pada tahun 1960-an, dengan perkembangan teknologi modern dan perluasan lebih lanjut dari Kepolisian London, menjadi jelas bahwa kebutuhan Departemen Kepolisian telah melampaui kemampuan markas Victoria Waterfront.

Untuk itulah, pada tahun 1967, New Scotland Yard pindah lagi ke sebuah gedung di Broadway 10. Gedung Victoria Waterfront sekarang dikenal sebagai gedung Norman Shaw (Utara). Sebagian darinya saat ini mennjadi markas Departemen Kepolisian London Raya.

Nomor telepon Scotland Yard awalnya adalah 1212. Sebagian besar kantor polisi di London juga menggunakan 1212 sebagai empat digit terakhir dari nomor telepon tersebut.

Sejumlah tindakan perlindungan sengaja terpasang di bagian luar New Scotland Yard pada tahun 2000. Termasuk penghalang beton di depan jendela bawah untuk melindungi dari bom mobil. Selain itu, terpasang dinding beton di dekat pintu masuk gedung. Petugas bersenjata dari Kelompok Perlindungan Diplomatik berpatroli di bagian depan gedung bersama dengan penjaga polisi.

Pada tanggal 30 Mei 1884, sebuah bom meledak di urinoir di dinding luar Scotland Yard. Ledakan itu menyebabkan kerusakan serius pada Departemen Investigasi Kriminal dan Kantor Cabang Khusus Irlandia. Sejak itu Scotland Yard tak pernah berhenti dari ancaman bom.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini