Dor, Dendam Orang Sikh untuk Indira Gandhi

Baca Juga

MATA INDONESIA, NEW DEHLI  – 31 Oktober 1984 menjadi salah satu tanggal kenangan masyarakat India. Karena di tanggal tersebut, 37 tahun silam, Perdana Menteri (PM) India, Indira Priyadarshini Nehru atau yang lebih dikenal sebagai Indira Gandhi, tewas ditembak pengawal pribadinya di depan pintu gerbang Kantor Perdana Menteri India.

Kronologinya terjadi saat Indira Gandhi sedang bersiap untuk wawancara dengan Peter Ustinov, seorang aktor Inggris. Peter memiliki proyek shooting film dokumenter televisi Irlandia. Pukul 09.20 waktu setempat, Indira  berjalan dari rumah dinas Perdana Menteri kediamannya di Safdarjung Road, New Delhi, menuju kantor Perdana Menteri di Jalan Akbar 1, karena Peter Ustinov telah menunggunya disana.

Peristiwa mengerikan itu terjadi pada saat Indira tiba di gerbang yang dijaga oleh dua pengawal pribadinya, Beant Singh dan Satwant Singh. Secara tiba-tiba, kedua pengawal tersebut menembakkan peluru ke arah Indira. Dor..dor..dor tiga peluru yang ditembakkan oleh Beant Singh berhasil membuat Indira tumbang. Sementara 27 peluru ditembakkan oleh Satwant Singh untuk mengeksekusi Indira.

Ilustrasi Saat Indira Gandhi terbunuh
Ilustrasi Saat Indira Gandhi terbunuh

Usai aksi penembakan tersebut, kedua pengawal tersebut melemparkan senjata mereka dan berkata, ”Saya sudah melakukan apa yang harus saya lakukan, kamu lakukan apa yang mau kamu lakukan.”

Sepuluh menit pasca penembakan, sekitar pukul 09.30 waktu setempat, Indira dibawa ke All India Institute of Medical Sciences (AIIMS-New Delhi)  untuk mendapatkan tindak lanjut segera dan dioperasi. Namun Indira dinyatakan meninggal sekitar pukul 14.20 waktu setempat.

Terdapat 30 peluru yang menghujani tubuh Indira. Sebanyak 23 peluru tembus, dan 7 lainnya bersarang di dalam tubuh. Pagi hari di tanggal 1 November 1984, jenazah Indira dibawa ke Teen Murti Bhawan, tempat mendiang ayahnya tinggal dan disemayamkan. Lalu dua hari kemudian, pada 3 November 1984, ia dikremasi dan sari berdarah yang dikenakannya saat itu disimpan di Indira Gandhi Memorial Museum, New Delhi.

Motif penembakan Indira diduga karena dendam. Kedua penembak Indira adalah keturunan Sikh yang hendak membalas dendam atas penyerbuan kuil suci Sikh dari Kuil Emas di kota Amritsar, Punjab, pada Juni 1984. Penyerbuan ini diperintahkan oleh Indira untuk menyerbu Bhindranwale dan para pengikutnya. Akibat dari serangan ini, kompleks kuil dan perpustakaan yang mengoleksi literatur penting terkait Sikhisme hancur.  Bhindranwale dan ribuan pengikutnya juga meninggal.

Empat hari setelah kematian Indira menjadi masa-masa genting bagi ribuan orang Sikh. Mereka dibunuh dan rumah-rumah mereka dibakar. Gelombang pengungsian kembali naik. Konflik masih terus membara hingga beberapa tahun setelahnya.

Dan rupanya, satu hari sebelum kematiannya, ia seolah sudah mengetahui nasibnya. Dalam rapat umum politik, ia menyampaikan sebuah pidato tentang kemungkinan akhir hidupnya yang kejam.

Kala itu ia mengatakan ia tidak tahu berapa banyak percobaan yang dilakukan orang-orang untuk membunuhnya. Dan ia bangga, karena selama hidupnya ia gunakan untuk melayani rakyatnya. Mengutip dari BBC, di akhir pidatonya ia mengatakan “Jika aku mati hari ini, setiap tetes darahku akan memperkuat bangsa..,”.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini