MATA INDONESIA, SEOUL – Baru-baru ini The Korean Business Research Institute telah menganalisis 147.358.408 big data brand penyanyi. Mereka juga telah merilis beberapa data nama-nama artis Korea dengan tingkat branding di Korea Selatan, termasuk BTS dan IU.
Melansir dari Naver, The Korean Business Research Institute menganalisis brand penyanyi dari 23 September 2021 hingga 23 Oktober 2021. Hal ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi merek, media, komunikasi, dan komunitas konsumen.
Melalui penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terjadi peningkatan hingga 0,09 persen dari 147.220.904 big data brand penyanyi pada September 2021. Singer Brand Reputation Index juga telah menganalisis perilaku konsumen yang menunjukkan sumber musik yang disukai.
Hal tersebut menunjukkan nilai partisipasi, nilai komunikasi, nilai media, dan nilai komunitas melalui indikator yang dianalisis. BTS dan IU masuk dalam peringkat tiga besar brand reputasi kategori star untuk bulan Oktober 2021.
Sedangkan untuk peringkat pertama diduduki oleh Lim Young-woong yang menunjukkan analisis indeks reputasi merek 16.065.999 dengan indeks partisipasi 4.116.857, indeks media 4.129.400, indeks komunikasi 3.923.272, indeks komunitas 3.896.470. Perbandingan indeks reputasi merek miliknya pada September lalu dengan bulan Oktober 2021 ini menunjukkan peningkatan hingga 20,99 persen.
Setelah itu peringkat kedua diduduki oleh BTS (RM, JIN, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook). Analisisnya menunjukkan indeks reputasi merek 15.400.718 dengan indeks partisipasi 2.644.735, indeks media 3.663.712, indeks komunikasi 3.447.428, indeks komunitas 5.644.843.
Hal ini mengungkapkan indeks reputasi merek 13.793.731 pada bulan September kini meningkat hingga 11,65 persen.
Sedangkan untuk IU menempati posisi ketiga dengan indeks reputasi merek 10.201.291 dengan indeks partisipasi 1.186.693, indeks media 2.701.192, indeks komunikasi 2.200.650, indeks komunitas 4.112.757. Berbanding dengan indeks reputasi mereknya 5.839.267 pada bulan September mengalammi peningkatan hingga 74,70 persen.
Berikut daftar top 30 peringkat brand reputasi kategori star bulan Oktober 2021.
1. Lim Young-woong
2. BTS
3. IU
4. Lee Chanwon
5. Aespa
6. Young-tak
7. Jessie
8. BLACKPINK
9. SEVENTEEN
10. Jang Minho
11. Jeong Dongwon
12. Kang Daniel
13. Taeyeon
14. Lisa BLACKPINK
15. TWICE
16. Highlight
17. Lee Seunggi
18. Kim Heejae
19. Song Gain
20. StayC
21. Lee Moojin
22. NCT
23. Sunmi
24. Oh My Girl
25. Brave Girls
26. Kim Junsu
27. Lee Seungyoon
28. EXO
29. Red Velvet
30. Baek Jiyoung