Tips Anti Lapar saat Puasa, Simak Penjelasannya

Baca Juga

Mata Indonesia – Dalam menjalankan ibadah puasa, menjaga agar tubuh tetap bertenaga dan terhindar dari rasa lapar adalah hal yang sangat penting. Meski ini adalah momen spiritual yang penuh berkah, tetapi seringkali kita merasa lemas dan lapar.

Di tengah kegiatan sehari-hari yang tetap berjalan, terhindar dari rasa lapar dapat menjadi tantangan tersendiri. Dalam menghadapi hal ini, penting bagi setiap individu untuk memahami bagaimana cara menjaga agar tidak cepat lapar saat berpuasa.

Dikutip dari laman Siloam Hospitals, ada 7 tips agar tidak cepat lapar saat berpuasa yang bisa dilakukan, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Mengonsumsi Makanan Berserat Tinggi

Serat memperlambat pencernaan sehingga tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu juga bisa memicu pelepasan hormon leptin yang diproduksi oleh sel lemak, yang mengatur nafsu makan dan mengontrol rasa lapar.

Mengonsumsi serat juga dapat merangsang pembentukan asam lemak rantai pendek di dalam usus, yang dapat meningkatkan sensasi kenyang. Contoh makanannya seperti kacang-kacangan, biji-bijian utuh, alpukat, apel, almond, biji chia, dan sayuran.

2. Mengonsumsi Protein yang Cukup

Protein dapat memberikan sensasi kenyang yang lebih lama dan menekan produksi hormon lapar seperti hormon ghrelin. Efek penekan ini didapatkan dari sumber protein hewani dan nabati. Seperti produk kedelai, greek yoghurt, daging tanpa lemak, telur, serta dada ayam.

3. Minum yang Banyak, Terutama Air Putih

Selama puasa, tubuh kehilangan banyak cairan yang dapat memicu dehidrasi. Maka, penting untuk meningkatkan asupan air putih atau makanan yang mengandung banyak air.

Minumlah air secara bertahap masing-masing satu gelas setelah bangun sahur, setelah makan sahur, setelah adzan Maghrib, setelah buka puasa, setelah sholat Magrib, sebelum sholat Isya, setelah sholat Tarawih, dan sebelum tidur.

Studi yang dilakukan dalam National Library of Medicine menunjukkan bahwa air mampu mengisi lambung dan mengirimkan sinyal kenyang ke otak.

4. Menghindari Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat hanya menekan rasa lapar sementara, mengkonsumsi berlebihan dapat menyebabkan fluktuasi gula darah yang tiba-tiba naik dan turun dengan cepat. Hal ini mengakibatkan penurunan energi tubuh yang signifikan, membuat tubuh menjadi lemas di tengah hari.

5. Mengonsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin B12 dan C dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter mengenai jenis dan dosisnya sesuai kebutuhan.

6. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dapat mengurangi rasa lapar dan mencegah peningkatan berat badan, sementara kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk terus makan.

Kekurangan tidur juga dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin dan leptin. Maka, penting untuk memastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tidak mudah lapar selama puasa.

7. Mengelola Stres saat Puasa

Jika stres tidak ditangani dengan baik saat puas, risiko tubuh untuk merasa lapar meningkat. Untuk mengatasinya, coba terapkan teknik mindfulness dan rutin olahraga ringan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan dapat menjalankan ibadah puasa lebih nyaman dan menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan dengan pola makan yang sehat dan bergizi agar tetap bertenaga serta tidak cepat lapar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini