Penikmat Kopi Wajib Baca! Berikut Tips Mengurangi Konsumsi Kopi saat Bulan Puasa

Baca Juga

Mata Indonesia – Bagi banyak orang, memulai hari dengan secangkir kopi telah menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Namun, saat berpuasa, konsumsi kopi perlu diperhatikan dengan lebih bijak.

Kopi sering menjadi teman setia, terutama dalam rutinitas sehari-hari karena aroma dan rasanya yang nikmat. Namun, saat puasa, meminumnya bisa berdampak signifikan pada tubuh karena potensi dehidrasi yang dapat terjadi.

Kopi memberikan manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan dan dapat meningkatkan konsentrasi serta produktivitas. Hal ini hanya tercapai jika konsumsinya dibatasi dengan wajar.

Secara umum, batasan konsumsi kafein dianggap aman sekitar 400 miligram atau setara dengan 4 cangkir kopi, tetapi toleransi kafein bisa berbeda-beda untuk setiap orang.

Jika seseorang mengonsumsi lebih dari 500 mg setiap harinya, dapat menyebabkan insomnia, kegelisahan, kecemasan, gangguan pencernaan, peningkatan denyut jantung, dan gemetar pada tubuh. Apalagi, saat berpuasa, perut kosong selama 12 jam atau lebih.

Itulah sebabnya sangat penting untuk memperhatikan konsumsi saat puasa. Dilansir dari hellosehat.com, berikut ini adalah enam tips bijak yang dapat membantu mengurangi kopi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kestabilan energi:

1. Kurangi secara bertahap

Tetapkan target untuk secara perlahan mengurangi kopi, seperti membatasi diri untuk hanya minum satu gelas per hari. Minggu berikutnya, coba konsumsi kopi menjadi 4 cangkir.

Dengan melakukannya secara perlahan, maka bisa menemukan kebiasaan baru yang dapat menggantikan kecanduan berlebihan pada kopi.

2. Cari minuman lain yang lebih sehat

Meskipun minum kopi tanpa kafein alias decaf, tetap ada kandungan sebanyak 2 – 25 mg. Coba cari alternatif yang sehat pada waktu yang sama. Bisa mencoba minuman hangat yang tidak mengandung kafein, seperti teh herbal tanpa kafein atau air lemon hangat.

3. Ganti dengan air putih

Minum air putih memiliki manfaat yang jauh lebih besar. Selain membantu mengurangi kecanduan kopi, air putih juga berperan dalam proses detoksifikasi tubuh.

Gerakan meminumnya juga sama. Seiring waktu, mungkin akan tidak sadar bahwa minuman yang dinikmati telah berubah menjadi air putih.

4. Tidur yang cukup

Banyak orang yang bekerja hingga larut malam meminum kopi agar tetap terjaga sampai pagi. Ini dilakukan karena salah satu efek stimulannya memberikan energi pada tubuh.

Cari sumber energi alternatif. Prioritas utamanya adalah tidur yang cukup dan istirahat. Cara lainnya termasuk tidur siang dan memulai rutinitas berolahraga secara teratur.

5. Ganti dengan minuman mengandung susu

Menikmati minuman hangat di pagi hari dapat menjadi bentuk terapi bagi tubuh. Kurangi kopi dengan mencoba minuman lain seperti cokelat hangat, teh herbal, atau susu almond.

6. Sibukkan diri dengan kegiatan yang sehat

Praktik yoga, meditasi, atau pijat dapat membantu menciptakan rasa relaksasi dalam tubuh. Hal ini dapat menggantikan tingkat konsentrasi dan energi yang biasanya diperoleh dari kafein.

Dengan menerapkan tips-tips ini dengan bijak, maka dapat membantu mengurangi konsumsi kopi selama bulan puasa, menjaga kesehatan tubuh, dan meningkatkan kualitas ibadah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini