Yuk Cobain Tepung Pisang Hijau, Superfood yang Lagi Tren di India

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di India, tepung pisang hijau sedang populer. Bahan makanan ini menjadi alternatif pengganti tepung terigu.

Sejumlah ahli gizi bahkan menyebutnya sebagai superfood baru di tahun 2022.

Istilah superfood merupakan rujukan bagi makanan yang punya nilai gizi lebih tinggi daripada makanan biasa.

Tepung ini terbuat dari pisang mentah. Biasanya cara membuat tepung ini mengeringkan pisang ini, kemudian mengeringkannya dan menghaluskannya menjadi tepung. Bahan makanan ini bisa terbuat dengan atau tanpa kulit pisangnya yang masih hijau. Untuk tepung pisang hijau yang terbuat bersama kulitnya, akan lebih nikmat karena membuat masakan menjadi gurih.

Bahan makanan ini juga memiliki nutrisi yang terbilang padat. Mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat, potasium, mineral, magnesium, vitamin dan rendah lemak. Karena kaya akan mineral sehingga bagus untuk wanita selama masa hamil atau pascahamil dan bisa mengobati kondisi diabetes ataupun obesitas.

Di India, popularitas tepung pisang hijau melonjak setelah Perdana Menteri India Narendra Modi mempromosikan bahan pangan tersebut di program radio bulanannya Mann Ki Baat (Pemikiran Batin) pada Juli 2021.

Sejak itu, media sosial banjir oleh para penggemar resep masakan. Karena mudah emmbuatnya sehingga muncul berbagai aneka menu mulai dari brownies hingga zucchini fritters.

Beberapa hotel dan restoran di India sudah menggunakan tepung pisang ini ke menu mereka. Mulai hidangan gurih sampai manis. Hidangan pembuka sampai penutup. Penggunaan tepung ini juga sedikit karena permintaan tamu untuk makanan bebas gluten atau ramah diabetes. Hotel dan restoran di India pun banyak mengganti tepung biasa dengan tepung ini. Karena tidak berasal dari gilingan biji-bijian, tepung ini bebas gluten dan baik untuk orang yang memiliki penyakit celiac.

Secara historis, tepung pisang bisa untuk menggantikan tepung gandum dan gandum hitam yang mahal. Berbagai negara Afrika malah mengekspornya ke Amerika Tengah dan Australia.

Di Indonesia, Tepung Pisang Made di Bali mengklaim sebagai toko roti tepung pisang pertama di dunia. Akun Instagramnya menampilkan stafnya dengan pancake, roti, muffin, donat, wafel, kue, pasta, dan pizza. Semuanya terbuat dari tepung pisang.

Reporter: Fadila Aliah Hakim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini