Waspada, Terlalu Banyak Minum Susu Bisa Picu Serangan Jantung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Susu memang penting untuk kesehatan. Namun, kalau kebanyakan minum susu dapat memicu sejumlah masalah kesehatan.

Melansir Times of India, berikut sejumlah tanda yang bakal muncul ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi susu.

Gejala Serangan Jantung
Sebuah penelitian kecil mengungkap bahwa seseorang yang mengonsumsi susu lebih dari tiga gelas sehari berisiko mengalami meningkatnya komplikasi jantung pada pria. Pada wanita, hal ini berdampak meningkatnya kanker jenis tertentu.

Pada mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit bawaan, konsumsi susu berlebih ini bisa berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsinya dalam jumlah aman.

Mengalami Masalah Pencernaan
Konsumsi susu bisa membuatmu merasa kenyang. Walau begitu, ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak susu, kamu bisa melngalami kembung serta mual.

Jika hal ini sering terjadi, hal ini bisa jadi tanda masalah usus atau intoleransi terhadap usus. Ketika kamu intoleran terhadap susu atau mengonsumsinya terlalu banyak, hal ini bisa mengganggu pencernaan serta melepaskan enzim dalam jumlah terlalu tinggi di aliran darah dan berujung masalah dalam tubuh.

Tulang yang Rapuh
Selama ini, tulang dianggap sebagai minuman sehat yang sangat baik bagi tulang. Walau begitu, konsumsi secara berlebihan ternyata bisa berdampak buruk pada tulang.

Penelitian mengungkap bahwa terlalu banyak susu bisa membuat tulang rapuh dan kepadatannya menurun. Dampak ini perlu diperhatikan sehingga harus diawasi jumlah konsumsi susu yang tepat.

Rasa Lelah
Ketika tubuhmu tidak bisa menyesuaikan dengan susu, hal ini bisa menyebabkan sindrom usus bocor. Terjadinya kondisi ini bisa menyebabkan rasa lelah kronis yang muncul.

A1 kasein yang terdapat di dalam susu kadang bisa menyebabkan peradangan di usus dan merusak keseimbangan mikroba. Ketika mengonsumsi susu dalam jumlah besar, hal ini rentan terjadi pada diri seseorang.

Kulit Berjerawat
Konsumsi susu secara berlebih bisa menyebabkan alergi dan jerawat di wajah serta bagian lain kulit. Ketika titik merah jerawat dan ruam kerap muncul di wajahmu, maka penting untuk mengecek jenis makanan.

Kandungan pada susu diketahui bisa meningkatkan munculnya masalah kulit berupa jerawat. Kondisi ini disebut lebih sering dialami oleh wanita daripada pria.

Masalah Ingatan
Konsumsi susu yang terlalu tinggi bisa ditandai juga dengan munculnya kabut otak. Hal ini bisa menyebabkan masalah ingatan, hilangnya fokus, serta menurunnya konsentrasi.

Kandungan kasein pada susu bisa menipu sejumlah reseptor di otak dan mengeluarkan sinyal yang salah. Hal ini tentu sangat rawan dialami terutama seiring bertambahnya usia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini