Wajib Tahu, Ternyata Minyak Zaitun Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki konsentrat lemak yang berasal dari pemerasan buah zaitun. Dalam 100 mililiter minyak buah zaitun terkandung 844 kalori dan 100 gram lemak baik.

Menurut Healthline terdapat 5 manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan. Pertama, yaitu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Hal ini mengacu pada diet Mediterania yang menggunakan minyak tersebut.

Minyak ini dipercaya dapat menurunkan peradangan, melindungi kolesterol jahat dari oksidasi, meningkatkan lapisan pembuluh darah, dan membantu mencegah pembekuan darah berlebih.

Selain itu, minyak ini terbukti dapat menurunkan tekanan darah yang menjadi faktor risiko terkuat penyakit jantung.

Kedua, minyak zaitun bisa membantu menghilangkan plak beta-amiloid dalam sel otak. Penumpukan plak tersebut dinilai bisa menyebabkan Alzheimer. Sebuah studi menemukan diet Mediterania bisa memberikan manfaat bagi fungsi otak.

Ketiga, minyak zaitun bisa menurunkan resiko diabetes tipe-2 karena dinilai bisa menjaga kadar gula darah. Studi juga menyebutkan bahwa risiko pengurangan diabetes tipe-2 hingga 48 persen bisa terealisasi dalam diet Mediterania.

Keempat, yakni manfaat dari suplemen minyak tersebut dinilai bisa mengurangi stress oksidatif pada individu dengan rheumatoid arthritis. Sebagai informasi, rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan cacat dan nyeri pada persendian. Penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja.

Selain itu minyak zaitun bermanfaat untuk meningkaykan kekuatan genggaman tangan dan nyeri sendi. Namun hal ini bisa terjadi jika dikombinasikan dengan minyak ikan sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik.

Terakhir, minyak zaitun juga dipercaya bisa mengurangi risiko kanker. Antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa mengurangi risiko kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang diyakini sebagai pendorong utama kanker.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini