Tekanan Darah Rendah Menyerang Tiba-tiba? Ini Tips Mengatasinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tekanan darah rendah yang sangat rendah atau kurang dari 90/60 mmHg menyebabkan hipotensi atau penyakit darah rendah. Imbasnya, bisa menyasar seluruh tubuh seperti jantung, otak, dan organ vital lain tidak mendapatkan pasokan darah dan oksigen yang cukup.

Jenis darah rendah yang paling umum terjadi adalah hipotensi postural atau lebih dikenal dengan kondisi ketika seseorang yang sedang berbaring atau duduk namun tiba-tiba berdiri. Hipotensi postural disebabkan oleh kegagalan sistem kardiovaskular atau sistem saraf untuk bereaksi secara tepat terhadap perubahan yang mendadak.

Namun umumnya hipotensi didiagnosis ketika muncul gejala seperti pusing, mual, keringat dingin, kulit pucat, sulit berkonsentrasi, mudah lelah, sering haus, penglihatan kabur, hingga mudah pingsan. Maka ada beberapa cara untuk mengatasi darah rendah yang tiba-tiba bisa menyerang.

Pertama, dengan mencukupi cairan dalam tubuh. Mengingat air adalah kandungan utama dari darah. Ketika tubuh dehidrasi maka bisa memengaruhi volume darah juga. Kondisi ini bisa menurunkan volume darah pada arteri dan vena.

Kedua, yaitu dengan mengonsumsi makanan bersodium. Hal ini bisa dilakukan oleh orang yang memiliki tekanan darah rendah. Natrium bisa membuat tekanan darah melonjak. Meski demikian, penggunaannya juga harus dibatasi karena bisa beresiko gagal jantung terutama pada orang dewasa.

Ketiga, yaitu dengan menghindari berdiri terlalu lama. Saat berdiri selama 3 menit, orang mempunyai tekanan darah rendah dapat mengalami penurunan tekanan darah yang lebih cepat dibandingkan ketika dalam keadaan duduk atau berbaring.

Keempat, dengan mengonsumsi kopi atau the bisa meningkaykan tekanan darah untuk sementara waktu. Ini bisa membuat sirkulasi peredaran darah lancar dan menyebabkan peningkatan pendek tekanan darah.

Terakhir, orang dengan tekanan darah rendah bisa mengoptimalkan metode kompresi. Caranya dengan menggunakan kaus kaki atau stocking yang ketat. Tujuannya untuk memberikan tekanan pada kaki hingga bawah perut. Selain itu tekanan dari kaus kaki atau celana biasa digunakan menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan varises.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini