Soal dan Jawaban Materi Sistem Pencernaan 4-6 SD di TVRI 1 September 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Sistem Pencernaan’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 1 September 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Buatlah dalam bentuk diagram proses pencernaan manusia, dan jelaskan dengan kata-kata sendiri bagaimana alur perjalanan makanan dari rongga mulut hingga keluar melalui anus!

Soal dan Jawaban Materi Sistem Pencernaan 4-6 SD di TVRI 1 September 2020

Berikut alur perjalanan makanan dari rongga mulut hingga keluar melalui anus.

1. Mulut
Makanan akan dicerna pertama kali baik secara mekanik oleh gigi maupun secara kimiawi oleh enzim amilasi (ptyalin) yang menguraikan amilium (polisakarida) menjadi maltosa (disakarida).

2. Kerongkongan

Makanan yang sudah dikunyah oleh gigi kemudian akan masuk ke kerongkongan melalui faring. Faring adalah daerah persimpangan saluran dari rongga mulut ke kerongkongan. Kerongkongan merupakan organ yang berperan sebagai tempat jalannya makanan menuju lambung.

3. Lambung

Lambung merupakan kantung tempat menyimpan makanan untuk sementara. Lambung terletak di dalam rongga perut sebelah kiri di bawah rongga dada. Dalam lambung ada tiga bagian, yakni bagian atas (kardiak), bagian tengan (fundus), dan bagian bawah (pylorus).

Pada kedua ujung lambung terdapat dua klep, yaitu spingter esophangeal yang berbatasan antara kerongkongan, dan berfungsi untuk menjaga makanan tetap di lambung dan akan terbuka jika ada makanan yang masuk. Kemudian klep (spingter) pylorus berbatasan dengan usus dua belas jari. Di dalam proses pencernaan protein dimulai.

4. Usus halus

Usus halus memiliki panjang sekitar 8,25 meter. Pada usus halus terdiri atas usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerapan. Di dalam usus tersebut, makanan akan kembali diproses dengan enzim pencernaan yang diproduksi pankreas, dinding usus halus, dan cairan empedu dari kantong empedu.

Ketiga usus tersebut akan bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan pencernaan makanan agar menjadi unit-unit kecil yang diserap ke dalam pembuluh darah usus.

5. Usus besar

Pada usus besar berdiri dari enam bagian, seperti sekum, kolon asenden, kolon transversum, kolon desenden, kolon sigmoid, dan akhiri rektum.

Tugas utama usus besar itu menyerap air dan mineral dari sisa makanan. Sehingga membuatnya menjadi padat dan membentuk tinja. Gerak peristaltik lalu akan mendorong tinja menuju rektum hingga dikeluarkan melalui anus.

6. Anus

Anus adalah bagian terakhir dari saluran pencernaan. Panjang anus adalah kira-kita 4-5 cm. Anus memainkan peranan penting untuk defekasi.

2. Seperti yang kamu ketahui, saat ini banyak sekali jenis makanan cepat saji. Menurut kamu, mengapa makanan cepat saji tidak baik untuk tubuh? Lalu apa akibatnya jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji?

Makanan cepat saji tidak baik untuk tubuh karena memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan kolesterol dalam darah dan dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke

Akibat jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji diantaranya:

– Rentan mengalami obesitas
– Menyebabkan penyakit jantung
– Menyebabkan penyakit stroke

3. Tuliskan pendapatmu, bagaimana cara menjaga organ pencernaan kita agar tetap sehat dan tidak mengalami gangguan?

– Minum air putih yang cukup
– Olahraga
– Mengunyah makanan dengan benar
– Mengkonsumsi buah dan sayur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini