Soal dan Jawaban Materi Rasi Bintang 4-6 SD di TVRI 22 September 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Rasi Bintang’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 22 September 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Jelaskan mengapa rasi bintang dapat dijadikan sebagai penunjuk arah?
Pada zaman dahulu kala, satu-satunya cara nenek moyang kita bisa mengetahui arah adalah dengan melihat bintang di langit malam.

Terutama para pelaut dahulu menentukan arah dengan bintang pari (setara dengan Crux) dan bintang biduk (setara dengan Ursa Major). Kedua rasi bintang tersebut menunjukkan arah Selatan dan Utara.

Rasi bintang dapat dijadikan sebagai penunjuk arah karena dapat menyerupai bentuk, contohnya seperti biduk menandakan arah utara, layang-layang arah selatan, kalajengking ke arah tenggara, orion ke arah barat yang menunjukkan angin sebagai penunjuk arah.

Namun dua rasi bintang paling populer sebagai penunjuk arah adalah Crux (salib selatan) dan Ursa Major (beruang besar). Cukup tarik garis lurus bintang yang atas dan bawah ke arah horizon maka akan ketemu arah Selatan. Sementara Ursa Major cukup tarik garis lurus bintang dua bintang terangnya yang ada di bagian kotak.

2. Buatlah maksimal dua paragraf menarik yang menceritakan sejarah atau asal-usul rasi bintang!

Rasi bintang adalah sekelompok bintang yang terlihat di langit malam tampak saling terhubung dan membentuk sebuah formasi tertentu. Orang-orang zaman dahulu percaya bintang-bintang di langit mempunyai pengaruh terhadap kehidupan mereka di bumi.

Bintang- bintang yang bertebaran yang sejak zaman dahulu dijadikan sebagai pedoman arah bagi nelayan saat di laut dan sering juga digunakan bagi petani untuk menentukan kapan mereka mulai Bertani.

Bangsa Babilonia dan Yunani kemudian mengamati ada konstelasi di langit yang selalu dilewati planet-planet dan matahari atau terdapat di bidang ekliptika. Mereka kemudian memberi nama konstelasi-konstelasi ini zodiak atau lingkaran bintang-bintang. Mereka membagi daerah ekliptika ini menjadi 12 karena planet dan matahari berada dalam satu zodiak selama satu bulan.

3. Mengapa rasi bintang sangat mudah dipelajari polanya jika berada di tempat yang minim polusi cahaya?

Rasi bintang sangat mudah dipelajari polanya jika berada di tempat yang minim polusi cahaya atau ketika cuaca sedang cerah dan tidak berawan. Di saat itulah, kondisi langit akan begitu gelap dan cahaya bintang akan terlihat jelas di langit malam.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini