Rawan Kecelakaan, Ini Tips Aman Berkendara di Jalan Tol saat Hujan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyanyi sekaligus mantan personel Trio Macan, Chacha Sherly meninggal dunia usai mengalami kecelakaan di jalan Tol Semarang-Solo. Kecelakaan tersebut terjadi di KM 428 Jalur B pada Senin, 4 Januari 2021 yang melibatkan enam kendaraan dan satu bus.

Sebelumnya, banyak peristiwa kecelakaan yang terjadi di jalan tol. Beragam pula faktor pendukung yang membuat kecelakaan di jalan tol makin marak terjadi. Salah satu faktornya ialah hujan deras.

Saat hujan, jalan tol yang mulus menjadi sangat licin. Jika tak ekstra hati-hati, kendaraan yang kamu kemudikan bisa saja tergelincir, oleng dan mengakibatkan kecelakaan yang fatal.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk menghindari hal tersebut. Biar tetap aman berkendara di jalan tol meski saat hujan, yuk simak caranya di bawah ini.

1. Waspadai Genangan Air

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mewaspadai genangan air. Pasalnya, genangan tersebut bisa membuat jalan tol jadi lebih licin.

Kondisi ini dapat mengurangi gaya gesekan antara roda kendaraan dengan jalanan. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan tergelincir saat situasi tertentu, seperti penarikan rem setelah melaju dalam kecepatan tinggi.

2. Berkemudi dengan Lambat

Meski jalan tol nampak lengang saat hujan turun, bukan berarti kamu bisa tancap gas dan ngebut-ngebutan begitu saja. Hal tersebut bisa membuat kamu mengemudi tak terkendali dan berpotensi ngerem mendadak saat ada kendaraan lain di depanmu.

Kalau sudah begitu, sangat mungkin kamu jadi kehilangan fokus dan menyebabkan tabrakan. Maka, berkendaralah dengan tenang dan perlahan. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol cara mengemudimu jadi lebih aman.

3. Jaga Jarak

Menjaga jarak dengan kendaraan lain juga merupakan tips yang harus kamu lakukan saat mengemudi di jalan tol. Ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila kendaraan tersebut berhenti secara mendadak.

Selain itu, pada saat hujan, cara ini efektif untuk mencegah kendaraan lain mencipratkan genangan air yang dapat memperburuk jarak pandangmu. Jadi, pastikan kamu mengemudi gak terlalu dekat dengan kendaraan lain ya.

4. Waspada Kendaraan Besar

Selanjutnya ialah mewaspadai kendaraan besar seperti truk. Pasalnya, kendaraan besar cenderung memiliki lebih banyak blind spot. Selain itu kendaraan jenis ini tidak bisa berhenti secepat kendaraan lain.

Jika ingin melewati kendaraan besar, pastikan untuk memberi pengemudi banyak ruang dan memberi tanda untuk berpindah jalur. Jadi, jangan langsung menyalip kendaraan besar tanpa diperkirakan terlebih dahulu ya.

5. Pegang Kemudi dengan Dua Tangan

Satu lagi yang harus kamu lakukan ialah memegang stir kemudi dengan dua tangan. Terkadang, kondisi jalan yang lancar membuat kita lengah dan menyepelakan memegang kemudia stir. Padahal, hal tersebut sangat wajib dilakukan, khususnya saat jalan sedang licin.

Sebab, memegang kemudi dengan dua tangan bisa membantumu lebih fokus dan terkontrol. Kamu juga jadi lebih sigap untuk menghindari bahaya dengan memegang kemudi menggunakan dua tangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini