Perut Tetap Buncit Saat Puasa Ramadhan? Begini Penjelasannya

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Pasti banyak pemilik perut buncit yang heran bentuk tubuhnya tidak kunjung berubah ideal, meski sudah berpuasa sebulan penuh. Di mana salahnya?

Berikut ini beberapa hal yang tidak bisa mengurangi buncit di perut kamu meski saat puasa Ramadhan.

  1. Kalap saat berbuka

Ini seperti sudah menjadi pemandangan umum orang Indonesia. Buka puasa menjadi ajang balas dendam menahan lapar seharian.

Akibatnya asupan kalori tanpa terasa berlebih, bahkan mungkin lebih banyak dari saat kita makan sehari-hari.

Orang dewasa umumnya adalah hanya membutuhkan sekitar 2000 kalori untuk pria dan 1500 untuk wanita.

2. Menambah porsi sahur

Begitu juga saat sahur, kita juga seperti berupaya memasukkan segala makanan yang tersedia dengan berpikiran agar mampu menahan lapar hingga berbuka.

Padahal seseorang mampu menahan lapar bukan karena banyaknya porsi makan, melainkan komposisinya.

Susunan menu yang meliputi komposisi nutrisi lengkap seharusnya menjadi patokan. Hal itu harus terdiri dari karbohidrat (bisa dari nasi), lauk pauk (dagung, tahu dan tempe) serta serat yang bisa berupa sayuran dan buah-buahan.

Hindari makan mi instan atau makanan kaleng, karena selain cepat mengenyangkan juga membuatmu merasa lapar kembali dalam waktu singkat.

3. Tidak olahraga dan Mager
Olahraga harus tetap dilakukan meski sedang berpuasa. Sebab aktivitas itu penting untuk membakar lemak dari makanan sehingga peredaran dara tetap lancar. Hasilnya perutpun tidak membuncit.

Namun, perlu diingat lakukan olahraga dengan intensitas yang lebih ringan dari biasanya agar tubuh tidak kelelahan.

Beberapa olahraga ini bahkan bisa dilakukan sambil menunggu saat berbuka puasa yaitu yoga, sit up dan push up, bersepeda, dan jogging.

Jika semua itu dijalani dengan fokus dan serius, Insha Allah saat Idul Fitri tubuh kamu jadi lebih proporsional dan menarik.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini