Perlu Tahu, Berikut 5 Cara Mencegah Ular Masuk Lubang WC

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Musim hujan identik dengan kehadiran ular. Dibeberapa kasus bahkan ular tersebut sampai masuk ke dalam rumah hingga tiba-tiba muncul dari dalam lubang WC.

Ular di dalam lubang WC selain membahayakan pengguna kamar mandi, ternyata juga bisa menghambat saluran dari WC itu sendiri. Binatang melata itu kerap muncul di toilet lantaran suka dengan tempat lembab dan aman menurut instingnya.

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mencegah ular masuk ke WC. Berikut caranya yang perlu kamu ketahui.

  1. Merawat Pipa Saluran

Periksa pipa saluran air dan pembuangan, jika terjadi rekahan atau kebocoran segera perbaiki.

  1. Tutup Saluran atau Ventilasi

Pastikan saluran gas atau ventilasi septic tank tertutup dengan baik, tanpa menghalangi aliran udara. Selain itu, tutup lubang kloset saat tidak digunakan dan tutup ventilasi kamar mandi menggunakan kawat kasa.

  1. Gunakan Bau-Bauan yang Menyengat

Penggunaan bau-bauan yang menyengat seperti Wippol dan kamper dapat mencegah ular masuk ke toilet. Selain itu, bensin dan minyak tanah juga kerap dipercaya efektif mengusir ular, karena ular tidak menyukai bau-bau menyengat.

  1. Selalu Menjaga Kebersihan

Jagalah kebersihan toilet agar tetap kering dan periksa atau siram lubang WC dengan air sebelum menggunakannya, sebagai langkah antisipatif.

  1. Singkirkan Hewan Pengganggu

Singkirkan tikus, katak, dan kadal dari area rumah. Karena hewan tersebut dapat memancing ular yang tengah mencari mangsa.

Nah, itulah 5 cara mencegah ular masuk ke lubang WC yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini