Penyair AS Raih Nobel Sastra 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyair asal AS Louise Gluck mendapat hadiah nobel sastra 2020 dari pihak Swedish Academy pada Kamis, 8 Oktober 2020. Glück pun menjadi perempuan ke-16 yang menerima penghargaan bergengsi itu sejak hadiah Nobel diberikan pertama kali pada 1901.

“Nobel Sastra 2020 diberikan kepada penyair Amerika Louise Gluck atas ‘suara puitis dengan keindahan yang sederhana membuat keberadaan individu menjadi universal’,” kata pihak Swedish Academy dalam pengumumannya di hari Kamis.

Selain itum Gluck juag diberikan sebuah medali dan hadiah senilai 10 juta krona Swedia atau setara dengan Rp 16,6 miliar.

Seharusnya Gluck menerima penghargaan tersebut dari Raja Carl XVI Gustaf dalam sebuah acara resmi di Stockholm pada 10 Desember mendatang. Acara itu sendiri bertepatan dengan kematian ilmuwan Alfred Nobel pada 189.

Namun pertemuan langsung tersebut dibatalkan tahun ini karena pandemi virus corona dan diganti dengan acara melalui televisi yang menunjukkan penerima penghargaan menerima plakat mereka di rumah masing-masing.

Sebagai informasi, Gluck sebelumnya memenangkan penghargaan Pulitzer pada 1993 berkat karyanya, The Wild Irish, dan the National Book Award pada 2014.

Sosok kelahiran 1943 ini merupakan seorang profesor sastra Inggris di Yale University. Pihak Swedish Academy menggambarkan dirinya “mencari yang universal, dan dalam hal ini ia mengambil inspirasi dari mitos dan motif klasik, yang ada di sebagian besar karyanya.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kendaraan Dinas dan Non Dinas Kodim 0732/ Sleman, di Razia Denpom IV/ Yogyakarta.

Mata Indonesia, Sleman - Ratusan kendaraan dinas non dinas, baik itu roda dua maupun roda empat yang dipakai oleh anggota Kodim 0732/ Kabupaten Sleman dicek kondisi fisik serta kelengkapan surat - suratnya oleh Denpom IV/2 Yogyakarta pada hari Senin." Operasi ini di lakukan di halaman Makodim 0732/ Sleman pada tanggal (1/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini