Penggemar Vegetarian, Silahkan Singgah ke Varanasi India

Baca Juga

MATA INDONESIA, VARANASI – Bagi kalian para Traveller yang Vegetarian wajib untuk mengunjungi kota Varanasi di India. Wilayah ini terkenal sebagai salah satu kota tertua yang ada di Dunia. Selain itu, terkenal karena kota itu merupakan pusat makanan Vegetarian.

Varanasi merupakan tempat paling suci bagi 1.2 miliar umat Hindu di dunia. Kebanyakan penduduk Varanasi menganut Shaivite (Pemuja Siwa). Dan setiap umat yang menganut Shaivite pasti seorang vegetarian yang mengikuti diet ketat sattvic (vegetarian murni). Bahkan orang-orang yang sangat taat disana akan menolak meminum air yang di tawarkan dari rumah yang mengonsumsi telur.

Awalnya Kota Varanasi bukanlah kota tujuan bagi para pecinta kuliner yang datang ke India. Kota ini bahkan menyediakan daging untuk melayani wisatawan non-vegetarian yang datang. Namun sejak 2019 pemerintah BPJ Nasionalis Hindu melarang penjualan dan konsumsi daging dalam radius 250 meter dari semua kuil dan situs warisan.

Makanan Khas Varanasi India
Makanan Khas Varanasi India

Kebijakan itu membuat restoran di Varanasi mulai menyajikan resep vegetarian dan sattvic lokal yang telah turun dari generasi ke generasi. Bahkan hotel mewah seperti BrijRama Palace memasukan menu khas rumahan seperti Khatta Meetha Kaddu (labu asam manis) dan Nimona (Kacang Polong Tumbuk Berbumbu).

Semenjak larangan itu, restoran yang menyajikan makanan vegetarian terutama makanan dengan resep sattvic lokal semakin banyak muncul. Menurut perkiraan warga lokal, tercatat ada 40 hingga 200 restoran sattvic yang ada di Varanasi. Selain Restoran banyak dagangan kaki lima yang menyajikan makanan-makanan serupa. Makanan-makanan seperti Vada Pav Mumbai (Burger Kentang), Tomato Chaat, Roti Panggang Malai dan masih banyak lagi sangat khas dan juga menggugah selera. Itu juga menjadikan kota ini sebagai pusat makanan vegetarian di India maupun dunia.

Bahkan bukan hanya para pecinta kuliner yang mulai tertarik dengan kuliner vegetarian tapi para koki dari seluruh dunia mulai terinspirasi dari warisan kuliner Varanasi. Chef Vikas Khanna adalah salah satu koki yang sangat kagum dan terpesona dengan kuliner di kota ini. Chef yang setiap tahunnya menerima bintang dari Michelin, mulai dari 2011 sampai 2016 mengatakan bahwa ia terpesona dengan panekuk tepung soba vrat ke kuttu yang tersaji di satu kuil di kota ini.

Bagaimana? Tertarik dengan wisata kuliner yang ada di Varanasi?

Reporter: Desmonth Redemptus Flores So

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini