Ngantuk Saat Kerja? Ini Tips Tidur Sekejap Saat Bekerja

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rasa kantuk saat jam kerja memang membuat seseorang kurang fokus dalam melakukan pekerjaannya. Meski sudah melakukan berbagai cara, seperti meminum kopi, membasuh muka atau mengunyah permen, tetap saja rasa kantuk ini tak kunjung hilang.

Tidur siang memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa stres, menangkal penyakit jantung dan meningkatkan energi yang ada dalam tubuh. Tidur siang juga mampu membuat manusia menciptakan ide-ide menarik nan cemerlang.

Sejumlah penelitian menjelaskan bahwa melakukan tidur siang dapat meningkatkan kinerja otak manusia. Namun, nyatanya sebagian besar perusahaan belum mengaplikasikan hal ini guna mendukung sumber daya manusia atau karyawan mereka.

Berikut ini beberapa tips agar kamu dapat memanfaatkan waktu untuk tidur sekejap di kantor ketika saat bekerja

  1. Cobalah manfatkan ruang kosong di bawah meja kantor. Apabila kamu memiliki meja kerja pribadi. Manfaatkan ruang kosong tersebut sebagai tempat yang nyaman untuk tidur siang. Jika perlu bawalah bantal kecil atau selimut lipat agar kamu dapat tidur dengan nyenyak.
  2. Gunakan kursi sebagai tempat tidur. Jika Anda tidak memiliki meja kerja pribadi, melainkan harus berbagi meja dengan karyawan lain, gunakan beberapa kursi kosong yang letaknya berderet. Kursi ini dapat menjadi pengganti tempat tidurmu.
  3. Gunakan gudang kantor sebagai tempat istirahat tidur siang. Jika di kantormu terdapat gudang, coba manfaatkan ruangan tersebut sebagai tempat istirahat tidur siang. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu ruangan kosong atau gudang dari debu-debu halus yang menempel. Setelah itu letakkan matras atau kasur lipat di dalamnya sebagai alas untuk kamu tidur.
  4. Tidur siang di meja kantor. Meja kantor dapat juga menjadi tempat bersandar. Kamu  dapat menelungkupkan badan di meja. Jika memungkinkan, gunakan bantal atau kain yang tidak terlalu tebal sebagai pengganjal kepala.

Meski memiliki kesan seperti bermalas-malasan, menyempatkan diri untuk tidur siang selama beberapa menit mampu membuat otak bekerja lebih produktif.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini