Jangan Malas! Begini Cara Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada saat lebaran, ada banyak makanan lezat yang tinggi lemak, gula, dan karbohidrat disuguhkan yang pastinya sulit untuk dihindari. Tentunya jika tidak membatasi makanan yang dikonsumsi saat lebaran, dapat menyebabkan kolesterol dan berbagai penyakit lainnya bagi tubuh.

Oleh karena itu, setelah lebaran ada baiknya untuk mengganti asupan dengan mengonsumsi makanan sehat agar tubuh memperoleh nutrisi yang lengkap. Berikut beberapa kiat mengatur pola makan setelah lebaran yang bisa diikuti.

1. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan makanan sehat yang wajib dikonsumsi setelah lebaran. Kandungan tinggi protein, serat dan vitamin ini akan membantu melancarkan sistem pencernaan setelah banyak mengonsumsi makanan tinggi akan lemak.

Ada banyak sayur dan buah yang bisa dikonsumsi seperti sayuran hijau, brokoli, kubis, kacang-kacangan, jeruk, apel, pepaya, semangka, dan lain-lain.

3. Hindari Makanan Berlemak dan Bersantan

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jahat dan santan. Makanan ini bisa menjadi sumber berbagai penyakit, mulai dari kolesterol tinggi, obesitas, hingga sakit jantung.

Makanan yang berlemak dan bersantan diantaranya, makanan junk food, es krim, margarin, popcorn instan, soto, gulai, opor, dan lainnya.

4. Ganti Daging Merah dengan Ikan

Salah satu tips mengatur pola makan setelah lebaran berikutnya yaitu mengganti daging merah dengan ikan. Pilihlah ikan yang penting untuk kesehatan dan bisa langsung dimasak saat masih beku, salah satunya ikan kaya akan omega-3 yang bagus untuk kolesterol dalam tubuh.

5. Konsumsi Smoothies

Tips yang terakhir yaitu mengganti minuman manis dengan smoothies. Berbagai kandungan saat mengonsumsi smoothies bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Untuk membuat smoothies yang enak, sehat dan kaya serat, bisa mencampurnya dengan susu almond, pisang, biji chia, parutan kelapa, dan stroberi. Bisa juga menambahkan bahan lain seperti susu, air kelapa, hingga kefir.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini