Ini Dia 5 Cara Maafkan Orang yang Sudah Sakiti Kita saat Halal Bihalal Idul Fitri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Idul Fitri merupakan hari di mana tradisi kita saling memaafkan orang-orang di sekitar kita agar kembali fitri. Namun sebagian orang membuka pintu maaf bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Terutama memaafkan orang-orang yang dirasa sudah sangat keterlaluan dan mengusik kehidupan kita hingga timbul kesal dan dendam. Tapi perlu diingat, kita sebagai manusia pasti tak luput dari kesalahan, baik disengaja maupun tidak.

Perbedaan di antara kita akan menimbulkan kesalahpahaman bahkan hingga berujung saling menyakiti. Karena sesungguhnya, dalam ajaran Islam permusuhan itu sangat dibenci oleh Allah SWT.

Nah, inilah lima cara tepat memaafkan orang yang Sudha menyakiti kita di Idul Fitri.

Turunkan ego

Saat timbul konflik, biasanya kita cenderung berfokus dan mengingat-ingat kesalahannya di masa lampau. Padahal bisa jadi kesalahan itu tanpa disadari adalah penyebabnya dari diri kita sendiri.

Karena saat konflik terjadi membuat emosi yang tengah meluap jadi tak bisa berpikir jernih dan tak melihat dari dua sisi. Sehingga agar kita ikhlas memaafkan orang, turunkan ego kalian dan jangan fokus pada kesalahannya.

Ingat kembali kebaikannya

Seperti yang sudah dijelaskan dipoin pertama. Janganlah berfokus pada kesalahannya, tapi ingat kembali kebaikannya yang pernah dilakukannya pada kita.

Pasti mereka pernah berbuat baik dan menolong kita. Jangan sampai karena kesalahannya kita malah memutus tali silaturahmi dengannya.

Intropeksi Diri

Tak ada asap kalau tak ada api. Pasti ada alasan kenapa orang lain menyakiti kita.

Bisa jadi mereka jadi berbuat kesalahan pada kita karena kita pernah memancing emosi. Jadi cobalah untuk merenung dan intropeksi diri tentang apa yang juga salah dalam diri kita.

Terima perbedaan antara kalian

Kita diciptakan berbeda-beda oleh Allah SWT. Dari cara pandang, isi hati, dan cara menyelesaikan konflik tiap orang tak selalu sama.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengerti dan menyadari perbedaan itu.

Minta maaf lebih dulu

Meminta maaf lebih dulu itu tidak menjadikan kita pecundang. Tak ada salahnya jika kita meminta maaf duluan pada orang yang sudah menyakiti kita. Justru kalian akan menjadi orang hebat yang berjiwa besar yang bisa memaafkan orang-orang di sekitarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini