Jangan Khawatir Jika Rasa Pedas Sulit Hilang, Gunakan Bahan Dapur Ini untuk Meredakannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apabila mengalami rasa pedas yang berlebih, umumnya orang akan mengonsumsi air mineral sebanyak-banyaknya. Padahal, air mineral belum ampuh untuk meredakan rasa pedas dari rongga mulut.

Apalagi jika efek terbakar mengendap di lidah dan dinding rongga mulut berlangsung lama. Maka, sudah sepatutnya mengetahui empat jenis bahan dapur yang ampuh untuk menghilangkan rasa pedas dari cabai yang dikutip dari medicaldaily.com.

Pertama, yaitu dengan minum segelas susu. Dalam hal ini, sebaiknya memilih susu dengan rasa tawar atau tanpa gula. Pengetahuan ini berasal dari kebiasaan masyarakat kuno di masa 8 ribu tahun lalu. Mengingat saat itu pertama kalinya masyarakat Amerika Tengah dan Selatan mencoba meracik sajian dengan pelengkap bumbu pedas. Namun, tidak hanya mempersiapkan resep rempah melainkan mencari cara meredakan rasa pedas.

Kedua, yaitu dengan makan sesendok gula pasir. Hal ini dinilai efektif dilakukan karena bisa menetralkan efek panas dari capsaicin. Tidak hanya gula, madu juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pedas karena mampu menyerap minyak alami yang dikeluarkan cabai.

Ketiga, yaitu dengan mengunyah cokelat. Lemak yang terkandung di dalamnya bisa mengurangi persentase kadar capsaicin di dalam mulut. Capsaicin bisa diikat dengan lemak daripada dengan air biasa.

Terakhir, yaitu teh panas. Minuman ini bisa mengurangi efek capsaicin yang mengendap di mulut. Namun, sebaiknya teh yang dikonsumsi berada pada suhu yang bisa ditoleransi oleh rongga mulut.

Maka, apabila masih berkutat dengan rasa pedas, sebaiknya mempersiapkan beberapa jenis makanan dan minuman ini agar bisa meredakan rasa pedas.

 

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini