Jadi Favorit Kuntilanak dan Media Pelet, Ini Mitos tentang Bunga Kantil

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bunga Kantil, tentunya nama itu sudah tak asing di telinga beberapa dari kalian. Bentuk bunga indah namun, sering dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Bunga dengan aroma khas yang kerap tumbuh di area pemakaman ini memiliki nama lain yaitu cempaka putih. Lantaran erat kaitannya dengan hal mistis, bunga kantil dipercaya menyimpan sejumlah mitos yang bisa bikin bulu kuduk merinding. Apa saja ya?

Berikut sejumlah mitos tentang bunga kantil yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Aromanya disukai kuntilanak

Sudah bukan rahasia umum lagi jika aroma bunga dan pohon kantil ini merupakan favorit kuntilanak. Bahkan, banyak beredar kabar jika kuntilanak suka mendiami pohon kantil.

Aroma bunga kantil yang begitu kuat, sering kali diidentikkan dengan kehadiran kuntilanak. Duh, serem banget nih kalau malam-malam tiba-tiba mencium aroma bunga kantil.

2. Sebagai media pelet yang ampuh

Bunga dengan mahkota berwarna putih ini sering dijadikan sebagai media pelet yang ampuh. Biasanya, bunga kantil dipergunakan sebagai susuk pembuka aura untuk memikat lawan jenis.

Bahkan kabarnya, pelet bunga kantil bisa membuat korbannya seperti dijampi-jampi, artinya si korban dibuat selalu ingat terus dengan orang yang memakai pelet ini.

3. Penolak bala

Bala atau santet adalah energi negatif yang dikirimkan seseorang secara gaib untuk menyakiti korbannya. Nah, bunga kantil ini kerap dihubung-hubungkan dengan bala atau santet.

Bunga kantil dipercaya bisa menjadi media untuk menolak segala jenis kiriman negatif (bala/santet). Namun, hanya orang-orang pintar saja yang diyakini bisa menggunakan bunga ini untuk menolak bala.

4. Penangkal sawan

Sawan sendiri adala femonema aneh yang biasanya terjadi pada bayi dan anak kecil. Mereka akan terus menangis dan suhu tubunya naik jika terkena sawan.

Kondisi ini sering dikait-kaitakn dengan kehadiran makhluk gaib yang menempel di tubuh si anak, setelah mendatangi suatu tempat seperti kuburan atau rumah orang yang meninggal.

Bunga kantil inilah yang dipercaya bisa untuk menghindari sawan tersebut. Itu sebabnya, bunga warna putih ini sering ditnaman di sekeliling pemakamam dan ditaburkan di pusara orang yang meninggal, agar makhluk gaib tak ikut dengan tim pengantar jenazah.

5. Dipakai untuk tes keperawanan

Meski terdengar konyol, namun mitos ini sempat berkembang. Menurut cerita rakyat Jawa Kuno, bunga kantil bisa menjadi pertanda apakah seorang wanita masih perawan atau tidak.

Jika bunga kantil yang dipakaikan ke pengantin wanita tidak wangi dan mulai mekar, itu artinya si mempelai wanita sudah tidak perawan. Sebaliknya, jika bunga itu masih kuncup dan wanginya tak pudar, itu berarti ia masih perawan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini