Home Gaya Hidup Ini Lima Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Sedang Berada di ...

Ini Lima Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Sedang Berada di Glasgow

0
247
Pusat Kota Glasgow sekitar Central Station
Pusat Kota Glasgow sekitar Central Station. (Joseph Rowntree Foundation)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Glasgow menjadi kota terbesar di Skotlandia, dan yang ketiga di Inggris. Namun, tahukah kamu, jika Glasgow penuh dengan museum dan galeri kesenian? Salah satu yang bisa dikunjungi yaitu Kelvingorve Art Gallery and Museum.

Glasgow terletak di pedesaan kecil Sungai Clyde yang pernah menjadi pelabuhan terbesar di Inggris. Sejak abad ke-18, kota itu tumbuh menjadi salah satu pusat utama perdagangan transatlantik Inggris dengan Amerika Utara dan Hindia Barat.

Bagi kamu yang penasaran dan tertarik pergi ke Glasgow, mari simak rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan di sana:

  1. Pollok Country Park
    Terletak di sisi selatan yang jaraknya hanya sepuluh menit dari pusat Glasgow central. Pollok Country Park populer di kalangan keluarga, pejalan kaki, dan pengendara sepeda karena kaya akan sejarah serta terkenal dengan ternak dataran tinggi. Gambarannya seperti ruang hijau subur dengan rumah Pollok tua yang besar dan taman Georgia yang dikelola National Trust For Scotland. Di dalam rumah Pollok, Kamu bisa melihat koleksi furnitur antik, perak, keramik dan seni rupa. Ada juga koleksi lukisan Spanyol yang menjadi salah satu terbaik di Inggris.
  2. Kelvingrove Art Gallery and Museum
    Berkunjung ke Glasgow tidak akan lengkap jika tidak mendatangi salah satu museum di sana. Faktanya, sebagian besar museum dan galeri di Glasgow gratis dikunjungi. Bangunannya terdiri dari batu pasir merah yang terletak di samping Taman Kelvingrove. Ada berbagai hal yang bisa dilihat, yaitu pameran sejarah alam dengan dinosaurus dan hewan lainnya, salah satu koleksi baju besi terbaik di dunia, benda-benda dari Mesir kuno, harta sejarah dan arkeologi Skotlandia. Lokasinya berada di Argyle Street, Glasgow G3 8AG, Skotlandia.
  3. Glasgow Cathedral
    Menjadi katedral tertua di daratan Skotlandia dan menjadi salah satu bangunan tertua di kota Glasgow tepatnya di Castle Street, Glasgow. Terdapat ruang termegah di katedral itu, yakni ruang bawah tanah yang menampung makam St. Mungo, pendiri keuskupan, yang dimakamkan di sana pada tahun 603 M. Kunjungan ke katedral ini juga tidak dipungut biaya, namun sumbangan selalu diterima. Pemandu tur nya pun juga tidak perlu dibayar.

Di sebelahnya adalah Museum Kehidupan dan Seni Religius St. Mungo, yang meneliti agama-agama dunia, dan bagaimana doktrin mereka menangani masalah hidup dan mati.

  1. George Square and The Merchant District
    Berada di pusat kota Victoria, terdapat George Square yang dihiasi bunga dengan 12 patung orang-orang terkenal yang berhubungan dengan kota, seperti Robbie Burns, Walter Scott, dan Ratu Victoria. Pada pertengahan abad ke-19, sekelompok gudang merupakan bagian dari distrik Merchant City yang trendi di kota itu, menawarkan kafe, restoran, dan butik desainer yang unik. Jika ingin mengunjungi daerah ini, akan lebih menarik saat musim dingin karena tampilan lampu Natalnya akan mempesona mata.
  2. City Central Mural Trail
    Banyak jalur dan bangunan Glasgow yang diwarnai oleh seniman jalanan berbakat. Bagi yang ingin menjelajahi karya seni perkotaan ini, bisa dilakukan secara pribadi maupun mengikuti tur berpemandu oleh Walking Tours di Glasgow. Salah satunya lukisan bergambar manusia bertopi burgundy sedang menatap seekor burung yang bertengger di atas jarinya. Karya seni itu tersebar di seluruh kota di berbagai bangunan. Dewan kota pun berusaha menghidupkan kembali bangunan tua yang tidak sedap dipandang mata dan mengubahnya menjadi pajangan seni jalanan. Mural pertamanya diproduksi sejak tahun 2008. (Annisaa Rahmah)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here